a

Tuesday, 4 October 2011

Pentol tanpa daging / Cilok

Ini cemilan bener-bener murah meriah. Pas mantep banget kalau bikin dan maem saat musim hujan. Hujan-hujan dingin enaknya kan makan yang anget-anget kenyol-kenyol gitu hehe..
Langsung saja ya, ini resep pentol .

Ini bahan-bahannya :
-3 ons tepung terigu.
-2 ons tepung kanji.
-Air es secukupnya.
-Bawang merah goreng (menurut saya semakin banyak semakin gurih dan enak..)

Bumbunya :

-Bawang putih 4 atau 5 siung.
-Kemiri 1/2 butir saja.
-Merica beberapa butir saja.
-Garam.
-Penyedap secukupnya.

Caranya :
Kalau neng Luluk tidak menyarankan untuk menggoreng bawang dan kemirinya. Tapi saya improvisasi saja menggoreng dulu bawang dan kemiri sebelum diulek (maksud saya sih buat menghilangkan rasa sengir atau getirnya bawang dan kemiri mentah hehe.. nebak nebak saja). Jadi bawang, kemiri, merica dan garam diulek jadi 1 kemudian campur tepung, bumbu, penyedap plus bawang goreng bersama air es. Sampai kekentalan tertentu bisa dicoel dan dibentuk-bentuk menggunakan tangan...


Sesudah itu langsung direbus di panci hingga naik ke permukaan. Kemudian tiriskan. Atau bisa langsung dikukus di dalam dandang, bisa juga memakai penggabungannya direbus kemudian kalau sudah naik dipindah ke dandang dipanasin lagi biar makin mantep. Kesemuanya cara tersebut tetep bikin hasilnya maknyush.. insyaAllah ^^.

Sesudah matang lekas membuat sambalnya. Kalau saya sih gampang-gampangan saja. cabe dan kacang di goreng kemudian diulek halus, ditambahin kecap dan saus sambal. Dan siap jadi cemilan anak-anak dan juga orang dewasa.

Selamat mencoba... murah meriah asli ^^