a

Monday 4 July 2011

Cara merubah Google sebagai search engine default Anda

Saya punya pengalaman di mana komputerku dipakai orang lain dan dia browsing mencari film film lawas. Karena dia memang awam mengenai komputer maka secara tidak sengaja dia menginstall babylon. Setelah diselidiki itu adalah aplikasi translate semacam translate.google.com dan ketika saya mencari informasi lewat firefox, ternyata default search engine yang dipakai adalah babylon. (Proses pencarian yang saya lakukan biasanya  langsung saya ketik address bar firefox)
Secara pribadi saya masih menyukai google karena informasi yang diberikan oleh search engine no 1 itu sangat berhubungan dengan apa yang saya cari. Tapi ketika pagi ini, ternyata search engine default firefox mozilla saya gunakan adalah babylon search engine. Hasil yang ditampilkan tidak begitu bagus. Jadi bagaimana caranya mengubah kembali search engine defaultnya?Caranya mudah, yaitu dengan langsung masuk ke menu konfigurasi firefox mozilla.
Pertama ketikan about:config di address bar mozilla. Klik saja I’ll be careful, I promise
Kedua ketikan keyword.URL pada kolom Filter
Ketiga klik kanan hasil pada kolom Preference Name, lalu Modify
Keempat, ganti alamat keyword.URL menjadi http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=
Secara default browser url yang ada mengarah ke babylon search engine.
Nah setelah itu silakan coba ketik apapun di address bar firefox mozilla dan voila… omm google telah muncul kembali. Jadi mudah-mudahan ini bisa membantu anda bila anda mengalami permasalahan yang sama dengan yang saya alami

9 comments:

  1. thx gan .. sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. kok bisa jugaa?... babylon searchnya nongol lagee :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. copy link http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q= lalu ke tab tools, option, general, dan paste-kan di field homescreen (:

      Delete
  3. coba di hapus babylon nya di add ons remove / disable

    ReplyDelete
  4. gan tapi pas sudah kurestart kembali lagi sperti semula
    gimana ya solusinya ...

    Satriashare@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. liat komentar saya di bawah ya ;)

      Delete
  5. Saya ga bisa gan.. setelah itu saya kutak katik, ada cara lebih mudah.. Pertama, copy link http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q= lalu di tab tools, klik option, lalu general, lalu paste link tsb di home page.. dan lalala.. home page mozilla pun menjadi google kembali.. thx gan (:

    ReplyDelete