a

Wednesday 5 September 2012

Cara Mengekstrak File Zip Di FTP Manager Secara Cepat Menggunakan Script PHP

Selamat sore sahabat, dan seperti biasanya saya selalu berharap sahabat semua terus bahagia sejahtera :P .
Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang FTP atau lebih spesifiknya File manager, mungkin sahabat blogger banyak yang sudah mengerti dengan apa yang disebut FTP manager atau file manager yang dapat di akses melalui FTP client, dan sahabat yang menggunkan Hosting / CMS self hosted sudah tidak asing lagi dengan yang namanya File Manager .
Sedikit saja saya bahas tentang FTP , Untuk sebuah blog yang menggunakan Hosting atau bisa dibilang menggunakan CMS selfhost ataupun yang dapat mengakses dan mengunduh file nya di sebuah penyimpanan untuk konten dari file – file  untuk web / blog seorang webmaster / blogger.
Umumnya dan pasti malah sebuah web hosting yang menyuguhkan tempat untuk mengelola file bagi blogger baik itu gratisan atau berbayar pastilah mempunyai tempat penyimpanan dari file para blogger , untuk menyimpan seluruh file  hasil upload ataupun file yang telah ditentukan oleh hosting tersebut dengan menyediakan File Manager dan walaupun tidak ada pasti Hosting tersebut menyediakan Akun FTP untuk mengakses isi dari File yang tersimpan ataupun nati akan mengunggah file blogger tersebut secara global..?? global maksudnya gimana..??
Gini walaupun kita mempunyai penyimpanan berkas / file di hosting , kita masih bisa mengaksesnya bukan hanya lewat Cpanel atau situs dari hosting tersebut. Melainkan dapat pula diakses melalui FTP Manager seperti Filezilla,SmartFTP dll. dan bahkan dapat diakses secara Online melalui situs penyedia FTP manager atau sering disebut dengan WEB-FTP seperti net2ftp.com 01ftp.com dll.
Jadi kalau mau upload file – setting CHMOD ( permission file ), download dsb. tidak perlu untuk masuk di halaman akun hosting dan masuk di halaman File Manager Hosting tersebut. Cukup memakai FTP manager yang diinstall di Komputer kita ataupun secara online.
Bah walaupun penjelasan saya cukup belibet dan gak karuan semoga sahabat setidaknya sedikit paham lah :D hehehe. eh iya File Manager / FTP ini sepertinya tidak berlaku untuk Kaum pengguna Hosting blogspot/ blogger. Karena file penyimpanan dari Web / blog yang dikelola dengan Blogger adalah berupa File Redirewct yang tersimpan apada penyimpanan umum, sepertinya tidak bisa diaklses melalui WEB-FTP. :)

Kembali ke pokok masalah, Dalam mengupload sebuah file atau banyak file adalah sesuatu yang wajar bagi para  blogger , akan tetapi misalnya kalau kita aklan mengupload banyak file ke dalam sebuah directory Web / Blog kita pasti akan membutuhkan waktu yang lama walaupun file tersebut berukuran kecil – kecil di bandingkan 1 file yang berukuran sama tapi berisi banyak file tersebut, sulit ngejelasinnya.
kita ambil contoh saja :
  • saya akan mengupload sebuah CMS selfhost WordPress , dalam bentuk arsip ( .zip ) dan mengupload dari kumpulan CMS wordpress yang sudah diekstract. Dan secara garis besarnya apabila kita mengupload 1 file arsip wordpress akan jauh lebih cepat dibandingkan mengupload hasil ekstak dari arsip wordpress tersebut.
  • Kelemahan wordpress dalam bentuk arsip : untuk menginstallnya kita harus mengekstrak / unzip dulu file arsip dari CMS wordpress tersebut , baru file daopat terinstall dan dijalankan.
  • mengupload hasil dari ekstrak arsip  wordpress : Langsung bisa dijalankan karena berupa file file document web .

akan tetapi kita mungkin sudah tau untuk mengekstrak ( bagi sebagian blogger ) file arsip tersebut membutuhkan waktu yang lebih sedangkan kita sebagai blogger dituntut untuk bisa lebih bertindak cepat dan mengetahui teknologi yang memudahkan kita :P ( bahasanya sungguh terlalu ).
Apabila kita mengekstrak melalui FTP manager pasti tidak akan bisa , karena di FTP Manager seperti FileZilla tidak ada tools untuk mengeksatrak sebuah File Arsip ( .zip ),
Dan apabila kita mengekstrak melalui WEB – FTP seperti di Net2ftp.com pasti kita membutuhkan waktu yang lebih dan wah.. menyulitkan dan membuat tidak sabaran.
Kenapa kita tidak memakai cara pintas?? hehehe.. pertama upload arsip ( otomatis lebih cepat ) dan yang ke-2 mengekstrak arsip dengan lebih cepat tanpa masuk di File Manager. :)
Lalu gimana caranya..??

Saya tadi berseluncur di blognya orang luar dan menemukan sebuah script PHP yang termasuk tergolong lama juga tampilannya juga terkesan sangatlah biasa tapi hasilnya lumyan :P .
Namanya “PHP Unzipper” , langsung saja ke tutorial atau overview nya yah :P

  1. Download File “PHP Unzipper” lalu extract , dan upload di web server di file manager sahabat. ( disarankan membuat direktori baru dan upload di direktoru baru tersebut)CHMOD Setting
  2. Lalu Setting CHMOD Index.PHP ke 777 , seperti gambar diatas settingnya ( setting lewat filezilla juga boleh ) :P
  3. Nah setelah itu buka halaman dimana shabat meletakkan file php unzipper tersebut , sebgai contoh apabila sahabat meletakkan di direktoy baru “ftp” , maka akses menggunakan http://domainsahabat.com/ftp
    maka kan tampak halaman seperti ini :  php unzipper
  4. lalu isikan username dan password sahabat,  setelah itu klik register. , maka akan tampil halaman seperti dibawah ini :
  5. login now
  6. Upload file arsipnya dulu taruh di folder / direktori  yang akan diekstraksi.upload file zip
  7.  Registrasi telah sukses , maka klik login , setelah login sahabat akan dibawa halaman tempat dimana struktur direktori – direktori di file manager webserver sahabat.Unzip
  8. Setalah itu telusur dah dimana letak file arsip sahabat :P , dan klik Unzip pada file yang ingin diekstrak. ( sebagai catatan, file akan terekstrak di direktori yang sama dengan letak file arsip. )
Dan akhir kata beres dah pekerjaan :D hehe.. tenang saja sahabat file ini , tidak mengandung backdoor, hacking dan sebagainya karena saya tidak bisa hacking :P .. heheh dan udah dites ma temen kalau file .php ini cuman perintah extractor saja. so let’s do it dah buat mempermudah :P
langsung saja download dah :D
klik dibawah ini :
Download Unzipper

No comments:

Post a Comment