a

Friday, 7 December 2012

Menambah applet network

Bagi Anda yang suka menggunakan Cairo-Dock sebagai salah satu pendukung aksesibilitas menu di desktop Linux, kemungkinan pernah mengalami kebingungan tentang bagaimana caranya agar dock dari ‘network manager’ bisa ditampilkan/ditambahkan. Apalagi jika Anda sudah terlanjur menghilangkan atau bahkan menghapus panel bawaan dari desktop Linux yang Anda gunakan. Mau terhubung ke internet rasanya jadi sulit karena ketiadaan ‘indicator applet’ (yang biasanya juga sekaligus menampilkan ‘system tray’ dari ‘network manager’).
Umumnya, ‘network manager applet’ atau ‘indicator applet’ sudah langsung ditambahkan pada panel hampir semua jenis desktop Linux. Namun pada Cairo-Dock, applet tersebut belum terpasang secara ‘default’. Tapi jangan khawatir. Anda sebenarnya bisa menambahkannya sebagai salah satu ‘sub-dock’.
Dalam kasus ini, saya menggunakan Cairo-dock versi 3.0.0 yang saya unduh melalui repositori Linux Mint 13. Cairo-dock yang saya contohkan ini terpasang pada desktop MATE 1.4.0 dari Linux Mint 13. Jika Anda menggunakan distro/varian Linux yang lain atau versi Cairo-Dock yang lain, silakan dicoba saja cara ini.
Caranya:
  1. Buka menu ‘Configure’ dari Cairo-dock. Caranya, klik kanan pada salah satu dock yang ada, lalu pilih “Cairo-Dock” > “Configure”.
    menu konfigurasi
  2. Pada jendela menu Configure yang terbuka, pilih/klik tab “Add-ons” dan pada sisi kiri (khususnya di bawah menu “Add or remove any applet”), beri centang pada keterangan yang bertuliskan “Notification Area”. Gulung ke bawah jika Anda belum menemukannya di bagian atas daftar applet.
    menu add-ons
  3. Selanjutnya jangan lupa klik tombol di sudut kanan bawah untuk menyimpan hasil pengaktifan/penambahan ‘Notification Area applet’ tersebut. Lalu tutup menu Configure dan coba lihat pada Cairo-Dock Anda. Pastikan sudah muncul dock baru dengan icon kira-kira seperti gambar di bawah ini.
    dock baru
    Tampilan dock ‘indicator applet’ tersebut tidak mesti sama dengan gambar di atas. Yang perlu Anda perhatikan adalah keterangan ‘tooltip’ yang muncul ketika Anda mengarahkan kursor ke atas dock ‘indicator applet’ tersebut. Pastikan keterangan ‘tooltip’-nya berupa “Network”, seperti terlihat pada gambar di atas.
  4. Nah, untuk mengaktifkan koneksi Internet melalui ‘network indicator applet’ yang sudah terpasang di Cairo-Dock tersebut, coba Anda klik dock tersebut. Pastikan Anda sudah mencolokkan modem USB atau sudah berada di lokasi ‘wifi’. Sebagai contoh, berikut ini tampilan ‘network indicator applet’ yang sudah diklik pada Cairo-Dock saya.
    dock indicator applet
  5. Selanjutnya tentu saja tinggal memilih list koneksi yang sudah tampil. Misalnya pada gambar di atas, saya akan mengklik pilihan koneksi “Telkomsel”, berhubung saya menggunakan operator tersebut untuk koneksi Internet saya melalui modem USB (terutama pada dini hari).
    Jika sudah terhubung dengan jaringan Internet, tampilan dock ‘network indicator applet’ akan berubah menjadi seperti gambar sinyal. Contohnya seperti di bawah ini.
    dock indicator applet
Nah, tidak sulit bukan? Tapi saya tidak tahu apakah cara ini bisa diterapkan di versi Cairo-Dock selain 3.0.0. Jika Anda tidak menemukan ‘indicator applet’ di menu konfigurasi ‘add-ons’ Cairo-Dock, kemungkinan karena masih belum tersedia untuk versi tersebut.