a

Saturday 7 September 2013

Memperbaiki Harddisk Bad Sektor dengan SpinRite

SpinRite6
Bila Anda menjumpai harddisk laptop/pc komputer ada yang tidak beres, sebaiknya jangan buru-buru membeli harddisk baru.  Harddisk yang tidak beres biasanya ditandai dengan adanya bad sector. Bad sector inilah yang memungkinkan terjadinya crash sangat besar.
Anda bisa mengecek harddisk anda dengan menggunakan DOS Command Prompt yang ada di Windows OS Anda . Ketikkan perintah “chkdsk /R” lalu tekan [Enter]. Perintah ini akan membuat Windows mencari posisi bad sector dan mengembalikan data atau informasi yang masih bisa dibaca. Ini adalah cara cepat apabila anda mencurigai harddisk Anda mempunyai bad sector.
Adakalanya harddisk masih bisa diperbaiki. Kalau dengan cara tsb di atas tidak sukses anda bisa menggunakan software LLF yang sudah saya sampaikan sebelumnya atau anda bisa juga menggunakan SpinRite. Spinrite ini bisa digunakan berbagai merk harddisk atau jenis hardisk (laptop/desktop). Tapi sebenarnya dengan memakali utility sesuai merk harddisk juga bisa, Cuma biasanya download softwarenya cukup besar dan kadang-tidak sukses.

Ini adalah pengalaman saya saja, kalau saya memperbaiki harddisk yang mempunyai bad sector dengan Spinrate selalu berhasil.
SpinRite mendukung FAT, NTFS, Linux, Novell, drive dengan beberapa sistem operasi serta hard disk yang belum diformat.

Cara menggunakannya ikuti langkah-langkah ini.
  • Dowload Spinrite Full Version lewat link di bawah:
  • Klik 2x file aplikasinya. Anda bisa buat dalam bentuk disket, instal atau CD yang bisa boot. Mudahnya pilih saja CD bootable (klik Create ISO or Image File). Asal tahu, SpinRite hanya berjalan dalam modus DOS.
  • Setelah file image sudah jadi, gunakan software pembakar CD, seperti Nero atau CD Burner XP, untuk membuat CD bootable. Restart komputer dan boot dengan CD yang barusan dibuat.
  • 4. SpinRite punya 5 opsi atau level. Level yang kemungkinan besar Anda butuhkan adalah level 2 ataupun level 4. Tindakan di level 2 adalah pengembalian data, sedangkan level 4 adalah pemeliharaan drive dan analisis. Pilih saja tindakan yang ingin Anda lakukan.
  • Level apa pun yang Anda pilih, Anda akan diminta untuk memilih drive atau partisi yang ingin Anda periksa atau perbaiki. Setelah itu, lihat atau ubah opsi bagaimana SpinRite memeriksa hard disk Anda. Kalau sudah, lanjutkan dengan langkah selanjutnya, yakni menguji kinerja drive.
  • Proses pemeriksaan bisa berjalan beberapa jam, tergantung kapasitas dan kecepatan hard disk, tingkat kerusakan dan konfigurasi sistem. Untungnya, Anda bisa menghentikan proses pemeriksaan untuk dilanjutkan di lain waktu. Agar tidak perlu mengulang, catat saja posisi pemeriksaan ketika Anda menghentikan proses.

Demikian kali ini yang perlu saya sampaikan semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment