a

Saturday 15 March 2014

Perbandingan sistem operasi Android, IOS , Windows8, dan Blackberry , symbian (Pemrograman mobile)


Sistem operasi mobile adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen dan mengontrol software-software lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja.
Sehingga suatu sistem operasi mobile akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, schedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya.
Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten. Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih.
Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan sistem operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone. Perkembangan aplikasi atau game selular (mobile content) sangat cepat, perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone dari segi entertainment dan fungsionalitas penggunaan selular untuk memudahkan tugas sehari-hari.
Apple (iOS)
iOS adalah sistem operasi mobile Apple. Dikembangkan awalnya untuk iPhone, kemudian telah digunakan juga pada iPod Touch, iPad dan Apple TV. Apple tidak mengizinkan OS untuk dijalankan pada hardware pihak ketiga. Interface pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung, menggunakan gerakan multi-touch. Elemen kendali Interface terdiri dari slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan OS mencakup gerakan seperti menggesekkan, penyadapan, mencubit, dan sebaliknya mencubit. Akselerometer internal digunakan oleh beberapa aplikasi untuk merespon guncangan perangkat (satu hasil yang umum adalah membatalkan perintah) atau berputar dalam mode tiga dimensi (satu hasil yang umum adalah beralih dari portrait ke modus landscape). Dalam IOS, ada empat lapisan abstraksi: Core OS layer, Core Services layer, Media layer, dan Cocoa Touch layer. Sistem operasi membutuhkan sekitar 500 megabyte penyimpanan perangkat, bervariasi untuk setiap perangkat yang diimplementasikan.

 

Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Windows Mobile
Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi  (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft  dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut ‘Windows 7 Mobile’. OS ini berbasis pada Windows CE 7 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar.
RIM (Blackberry)
BlackBerry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan RIM yang mendukung layanan multitasking untuk produk BlackBerry. BlackBerry diperkenalkan tahun 1997 oleh Perusahaan Kanada, Research in Motion(RIM) yang mampu menyampaikan informasi jaringan data nirkabel. BlackBerry mulai dikenalkan di Indonesia pada Desember 2004 oleh operator di Indonesia. Pasar BlackBerry mulai diramaikan oleh berbagai operator dengan menyediakan berbagai pilihan layanan seperti BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server. BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sejauh ini, fasilitas BlackBerry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.
Symbian OS
Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam.
Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secaraevent-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.
Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.
Berikut adalah merupakan gambar yang menunjukan persentase penggunaan sistem operasi mobile yang di dunia saat ini.
Versi – versi dari sistem operasi mobile dari beberapa perusahaan yang telah di rilis
Tabel Perbandingan Sistem Operasi Mobile
FeatureiOSAndroidWindows Phone 7
CompanyAppleOpen Handset Alliance(Google)Microsoft
Current Version4.12.2Not yet released
OS FamilyMac OS X/Unix-likeLinuxWindows CE 7
Supported CPU ArchitectureARMARM, MIPS, Power Architecture, x86ARM
Programmed inC, C++, Objective-CC, C++, JavaC++
LicenseProprietary EULA except for open source componentsFree and open source except closed source componentsProprietary
Default Web Browser/EngineWebkitWebkitInternet Explorer Mobile 7.0 (Trident)
3rd Party Application StoreApp StoreAndroid MarketWindows Phone Marketplace
Email Sync protocols supportedPOP3, IMAP, MAPIPOP3, IMAP, MAPIPOP3, IMAP, MAPI
Push NotificationsExampleExampleExample
Voice RecognitionExampleYesYes
TetheringBluetooth, USB (carrier dependent), Wifi (with 3rd party software and “jail break”)Wifi, USB, Bluetooth
Audio PlaybackAAC (8 to 320 Kbps), Protected AAC (from iTunes Store), HE-AAC, MP3 (8 to 320 Kbps), MP3 VBR, Apple Lossless, AIFF, WAVAAC LC/LTP 3GPP, HE-AACv1 (AAC+), HE-AACv2 (enhanced AAC+), AMR-NB, AMR-WB, MP3 (Mono/Stereo 8-320 kbit/s constant or variable bit-rate, MIDI (MIDI Type 0 and 1. DLS Version 1 and 2., Ogg Vorbis, PCM/WAVE (8- and 16-bit linear PCM (rates up to limit of hardware), WAVEMP3, AAC, AAC+, eAAC+, WAV, WMA pro, AMR-NB, MIDI
Video PlaybackH.264 video up to 720p, 30 frames per second, Main Profile level 3.1 with AAC-LC audio up to 160 kbit/s, 48 kHz, stereo audio in .m4v, .mp4, and .mov file formats; MPEG-4 video, up to 2.5 Mbit/s, 640 by 480 pixels, 30 frames per second, Simple Profile with AAC-LC audio up to 160 kbit/s per channel, 48 kHz, stereo audio in .m4v, .mp4, and .mov file formats; Motion JPEG (M-JPEG) up to 35 Mbit/s, 1280 by 720 pixels, 30 frames per second, audio in ulaw, PCM stereo audio in .avi file formatH.263, H.264 AVC, MPEG-4 SPH.263, H.264, WMV, MPEG4, MPEG4@ HD 720p 30fps, DivX, XviD
Turn-by-turnGPS3rd Party softwareGoogle Maps Navigation or 3rd Party softwareBing Maps
Video out1024 by 768 pixels with Dock Connector to VGA Adapter; 576p and 480p with Apple Component AV Cable; 576i and 480i with Apple Composite AV Cable720p on select devices
Multitaskinglimited, iOS4 onlyYesYes (limited)
Desktop interactive widgetsNoYesYes (through “live tiles”)
Support for hardware keyboardYes (Bluetooth)YesYes
Videoconference front video cameraYes (Currently iPhone 4 and iPod Touch 4 Only)Yes (Hardware Currently Available on Some Models)?
Can share images via Bluetooth with all mobileNoYes?
sshJailbreaking Required and OpenSSH Installed (free from Cydia Application)Yes?
Official SDKplatform(s)Mac OS XMultiplatformWindows
FeatureiOSAndroidWindows Phone 7


FeatureBlackBerry OSSymbian
CompanyRIMSymbian Foundation
Current Version6.0.09.5
OS FamilyMobile OSMobile OS
Supported CPU ArchitectureARMARM, x86
Programmed inJavaC++
LicenseProprietaryEclipse Public License
Default Web Browser/EngineWebkitWebkit
3rd Party Application StoreApp WorldSymbian Horizon
Email Sync protocols supportedBES, BIS, Push e-mailPOP3, IMAP
Push NotificationsYes
Voice RecognitionYes
TetheringUSB, Bluetooth, WifiUSB, Bluetooth, Wifi (with 3rd party software
Audio PlaybackMP3, WAVE, WMA, AAC+, MIDI, AMR, eAAC+, FlAC, OGG
Video PlaybackMP4, WMV, H.263, H.264, DivX, WMV, XviD, 3gp
Turn-by-turnGPS3rd Party Software3rd Party Software, manufacturers software
Video outNoneDevice depending
MultitaskingYesYes
Desktop interactive widgets??
Support for hardware keyboardYesYes
Videoconference front video cameraYesYes
Can share images via Bluetooth with all mobileYesYes
sshYes?
Official SDKplatform(s)WindowsWindows
FeatureBlackBerry OSSymbian
Kelebihan Dan Kekurangan Masing-Masing Sistem Operasi
1. iOS Apple
Kelebihan:
-          Multitasking.
-          Navigasi mudah.
-          Terintegrasi penuh dengan OS Apple yang lain.
-          Dukungan multimedia sangat baik.
-          User Interface yang interaktif.
-          Tersedia AppStore untuk memenuhi kebutuhan user.
-          Mendukung GPS.
Kekurangan:
-          Tidak support flash (Safari Mobile).
-          Penempatan antena kurang baik.
-          Standar aplikasi pengembang sangat ketat.
2. Android
Kelebihan:
-          Open source.
-          Multitasking.
-          Kemudahan dalam notifikasi.
-          Mendukung banyak hardware mobile.
-          Management widget yang flexibel.
-          Tersedia banyak aplikasi pendukung.
-          Dukungan penuh dari Google.
-          User Interface yang interaktif.
-          Telah mendukung HTML5.
-          Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user.
-          Mendukung GPS.
Kekurangan:
-          Harus terus update untuk memperbaiki bug.
-          Banyak terpampang iklan dalam aplikasi.
3. Windows 7 Mobile
Kelebihan:
-          Dukungan penuh dari Microsoft.
-          Aplikasi office yang lengkap.
-          Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user.
-          Tersedia fitur Find My Phone untuk mengetahui lokasi ponsel anda.
-          Tersedia fitur Live Tiles untuk memberikan informasi pada homescreen ponsel anda.
Kekurangan:
-          Mudah terserang malware.
-          Keterbatasan multitasking (hanya untuk aplikasi tertentu).
-          Aplikasi bawaan dari sistem kurang memadai (tidak ada file transfer bluetooth, Windows Explorer, Silverlight).
-          Tidak mendukung internet tethering.
4. RIM Blackberry
Kelebihan:
-          Fungsi BBM yang digunakan untuk chatting antar blackberry.
-          Customize Theme untuk user level untuk mendesign thema blackberrynya sendiri.
-          Fungsi geotag pada blackberry berGPS yang berisikan informasi.
-          Tampilan akses multimedia yang sangat nyaman untuk digunakan.
-          Fitur firewallnya,sangat efektif dalam memblok sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.
-          System full backup/recover mempermudah user dalam membackup data-data penting.
Kekurangan:
-          Belum mendukung conference call.
-          Tidak ada aplikasi native untuk menerima dan mengirimkan fax.
-          Spell check yang membantu pengecekan kesalahan ketik hanya dapat berjalan jika selesai diketik semua.
-          Sinkronisasi antara email di blackberry dan server kurang maksimal.
-          Browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi.
5. Symbian OS
Kelebihan:
-          Sistem stabil.
-          Hemat Baterai.
-          Mendukung video call.
-          User Friendly.
-          Banyak dukungan aplikasi.
Kekurangan:
-          Interface yang statis.
-          Mudah terserang malware.

No comments:

Post a Comment