a

Sunday 8 June 2014

Membuat kalkulator di appinventor



Kalkulator ini adalah latihan yang baik dalam menggunakan beberapa fitur dasar dan blok dari App Inventor 2.
Mendukung memasukkan nomor positif keseluruhan hanya untuk menjaga hal-hal sesederhana mungkin, tetapi memberikan beberapa kesalahan penanganan tanpa terlalu banyak rewel.
Empat fungsi menambah, mengurangi, mengalikan, membagi didukung.
Perhitungan rantai dapat dilakukan sebagai berikut: 3 + 4 = (7 ditampilkan) * 3 = (21 ditampilkan), dll

Anda juga dapat men-download proyek aia atau membuat ulang dengan instruksi berikut.

Mulai MIT App Inventor 2 dan memberikan proyek Anda nama MyCalculator

Perancang

Dalam Designer, Mengatur Judul Layar untuk Kalkulator saya
Hapus tanda centang digulir.

Kalkulator Tampilan:

Membuat label bernama DisplayLBL
Set itu sifat sebagai berikut:
BackgroundColor Hitam
FontBold diperiksa
Fontsize 48
Text (kosong)
Hak TextAlignment
TextColor Cyan

Numeric Keypad:

Saya memilih untuk menggunakan tata letak keypad ponsel daripada tata letak kalkulator tradisional.

Di bawah ini menempatkan set VerticalArrangment untuk Isi orangtua lebar dan tinggi

Di dalam VSA menempatkan empat HorizontalArrangements
Atur masing-masing untuk Isi orangtua lebar dan tinggi

Di dalam setiap HSA menempatkan empat tombol (16 tombol di semua)

Mengatur Teks setiap tombol sebagai berikut:
1,2,3, +
4,5,6, -
7,8,9, x
C, 0, =, /

Ubah nama tombol ini sebagai berikut:
OneBTN, TwoBTN, ThreeBTN, AddBTN
FourBTN, FiveBTN, SixBTN, SubtractBTN
SevenBTN, EightBTN, NineBTN, MultiplyBTN
ClearBTN, ZeroBTN, EqualsBTN, DivideBTN

Kemudian mengatur setiap tombol yang Lebar dan Tinggi untuk Isi orangtua

Itu semua untuk Designer!
Pane Viewer Anda di Designer harus terlihat seperti ini:


Blok Editor

Sekarang beralih ke editor Blocks

Tarik sepuluh Tombol blok Klik - satu untuk masing-masing dari angka 0 sampai 9.

Pertimbangkan apa yang terjadi ketika pengguna menyentuh salah satu tombol angka.
Misalkan DisplayLBL.Text berisi 45 dan pengguna menyentuh tombol 6.
Anda ingin menampilkan 456. Hal ini dapat dilakukan dengan 'bergabung' block Text.

Anda dapat menulis blok dalam setiap blok digit klik untuk melakukan hal ini, tapi cara yang lebih efisien adalah dengan menggunakan blok prosedur digunakan kembali.

Berikut adalah bagaimana membuat prosedur reusable yang dapat dipanggil dari masing-masing ZeroBTN untuk NineBTN Klik blok untuk bergabung digit ke nomor di DisplayLBL.Text.

Pada panel Blok, bagian Prosedur, menyeret keluar blok 'prosedur melakukan'
Nama ke AddDigit
Tambahkan argumen bernama digit prosedur ini untuk memungkinkan kita untuk lulus nilai digit ditekan.
Di dalam tempat prosedur 'set DisplayLBL.Text untuk' blok.
Pasang blok teks 'bergabung' ini.
Di dalam bergabung blok menempatkan 'DisplayLBL.Text' dan 'mendapatkan digit' blok.
Prosedur akan terlihat seperti ini:

Sekarang kita dapat menambahkan panggilan ke prosedur reusable ini di setiap blok tombol digit kami.
Berikut adalah apa blok OneBTN.Click terlihat seperti dengan panggilan untuk AddDigit. Lakukan ini untuk ZeroBTN.Click ke NineBTN.Click juga.

Pada titik ini pengguna dapat mengetik angka ke dalam layar.
Kita sekarang perlu untuk dapat melakukan perhitungan aritmatika berdasarkan dua operan dan operator.
Pengguna menyentuh tombol digit (ZeroBTN ke NineBTN) untuk operan1 pertama, kemudian menyentuh tombol Operator (AddBTN, SubtractBTN, MulitplyBTN, DivideBTN), maka tombol angka untuk operand2, dan akhirnya EqualsBTN.
Membuat tiga variabel global:
Operand1, Operator, operand2
Set nilai standar untuk Kosongkan Text.
Misalkan pengguna telah mengetik angka untuk operand1, kemudian menyentuh tombol Operator.
Kita perlu untuk menyimpan nomor diketik di DisplayLBL.Text di operand1, hapus teks di DisplayLBL.Text dan mengingat apa Operator tersentuh.
Setelah pengguna telah diketik di operand2 ke DisplayLBL kemudian menekan tombol EqualsBTN kita dapat menentukan apa operasi aritmatika untuk melakukan dengan melihat Penyelenggara disimpan.
Buat prosedur yang disebut SetOperator dengan operator argumen.
Bila prosedur ini disebut dari salah satu dari empat blok Operator Klik (AddBTN.Click, SubtractBTN.Click, MultiplyBTN.Click, DivideBTN.Click):
Operand1 akan berisi nomor pertama diketik dalam
DisplayLBL.Text akan dikosongkan untuk nomor berikutnya yang akan dimasukkan
Simbol Operator akan disimpan dalam variabel Operator global 



Berikut adalah panggilan untuk SetOperator dari blok SubtractBTN.Click. Ulangi langkah ini untuk AddBTN.Click, MultiplyBTN.Click dan DivideBTN.Click blok:
Akhirnya, ketika pengguna menyentuh = tombol simbol, blok EqualsBTN.Click dipicu.
Pada titik ini kita perlu untuk menyimpan isi DisplayLBL.Text di operand2 global.
Selanjutnya kita perlu menentukan apa yang melakukan operasi berdasarkan simbol yang tersimpan dalam Operator global.
Hal ini dicapai dengan 'jika kemudian lain blok' yang mengembalikan nilai yang dihitung untuk DisplayLBL.Text
Blok untuk melakukan hal ini adalah sebagai berikut:

Blok awal di EqualsBTN.Click memastikan bahwa ada angka dalam operan dan operator yang variabel. Ini adalah salah satu contoh penanganan error.
Akhirnya, tombol C (hapus) membersihkan layar dan me-reset variabel:

Pada titik ini Anda dapat menguji proyek Anda. Jika ada kesalahan, bandingkan dengan proyek terpasang. 
--- 
END

No comments:

Post a Comment