a

Tuesday, 16 June 2015

LUNA ONLINE 3D MOD TUTORIAL EFEK CAHAYA PADA LIGHT SABER

CATATAN:
- untuk pemula lebih baik membuat projek terpisah pada setiap bagian tutor.
- telah menguasai cara membuat object dari NOL.
- telah menguasai cara membuat efek gradient pada photoshop.
-Credit by Rahma 




A. PERSIAPAN:
1. buatlah terlebih dahulu gambar dengan ukuran untuk file dds 128 x 128 pixel. Buat menjadi 4 buah efek cahaya kesukaan anda. Caranya buatlah rectangel ukuran 64x64 warna terserah.2. klik add layer style -> blending option.






















2. klik add layer style -> blending option.















3. pilih gradien dan klik pilihan gradien.



















4. atur sesuka anda di gradien editor.
























5. hasilnya












6. buat 3 lagi dengan bentuk dan warna yg berbeda. 
















7. jangan lupa tambahkan alpha channel dan save as tif. anda bisa mengubahnya menjadi dds bila project light saber anda telah selesai.



B. membuat efek cahaya I:

1. buatlah terlebih dahulu pedang sederhana dari cylinder dan pastikan semua object sudah di beri material. juga telah di koneksikan ke Bone_R dengan posisi yg tepat. 
 


















2. masukan light efek tadi ke material. set Blinn Basic Parameter Opacity menjadi 99. set Extended Parameter menjadi Additive.
















3. bikin sebuah plane hingga menutupi object saber. convert to mesh. assign dengan material light efek. dan sedikit sentuhan pada modifier -> unwarp UVW. tambahkan mirror dengan copy di centang. putar mirror center pada z-axis hingga berbentu (+) jika di lihat dari atas.




















4. koneksikan plane01 ke Bone_R. lalu export as MOD.












5. hasilnya






















C. membuat efek cahaya II:

1. buat plane lagi. kali ini LEWAT TOP VIEWPORT. bikin dg lebar dan tinggi yg sama. angkat Plane02 hingga sebatas sphere/bola di tengah. convert to mesh dan beri material light efek.















2. pada modifier sub-object pilih vertex. select all vertex. klik kanan pada rotate dan input nilai 90 pada x-axis

















3. benahi texture dengan unwarp UVW. koneksikan plane02 dengan Bone_R




















4. export dengan status plane02 align viewport dan disable zbuffer. caranya: klik plane02, centang align dan zbuffer kemudian klik apply. stelah selesai klik conv.MOD























 5. hasil





















SELESAI ^^





CATATAN:
untuk efek animasi cahaya sama seperti membuat animasi gerakan biasa hanya saja yg di gerakkan adalah modfier -> unwarp UVW -> vertex. gerakkan vertex di UVW editor.