a

Thursday 25 October 2012

Membuat Teks Menjadi Effect Asap di photoshop

Pada kesempatan kali ini,saya akan membuat Tutoral yang berjudul “Membuat Teks Menjadi Effect Asap” yang pastinya menggunakan Software popular yaitu Photoshop. Pada kesempatan kal ini,saya tidak bermaksud untuk mengajari Sobat-sobat semua,disini kita sama-sama belajar dalam memanipulasi Photo menggunakan Photoshop.
Okey, gak usah panjang lebar langsung saja kita simak langkah-langkahnya:

Effect Asap

  1. Pertama, yang harus kudu wajib Sobat lakuin agar proses manipulasi bisa kita mulai adalah membuka Software Photoshop  (ya iya lah…). Setelah sucses membuka Sofware ini, mari kita mulai manipulasi dengan membuat lembar kerja baru dengan cara Pilih menu File > New atau Ctrl + N pada Keyboard lalu aturlah property seperti dibawah ini.
  2. Pilih Tool Horyzontal Type Tool (T) lalu ketiklah teks yang anda inginkan.
  3. Beri effect bergelombang pada teks dengan cara Pilih menu Filters > Distort > Wave. Namun ada kotak peringatan bahwa memberi Effect tersebut akan merubah Teks menjadi Image, Klik OK  ,Atur Parameter Wave seperti dibawah ini, selesai klik OK

  4. Agar Teks terkesan goyang, caranya pilih menu Filters > Pixelate > Fragment.
  5. Untuk Lebih menarik lagi,kita beri sapuan pada ujung-ujung huruf menggunakan Smudge Tool

  6. Tambahkan Effect Blur dibagian tertentu dengan menggunakan Blur Tool.

Brush Asap

  1. Buatlah Layer baru dengan cara pilih menu Layer > New > Layer… atau Ctrl + Shift + N lalu klik OK

  2. Asap tersebut adalah koleksi Brush yang siap pakai.Bagi Sobat yang belum punya Brush asap, klik disini untuk mengunduhnya. Untuk memasukan ke dalam photoshop pilih menu Edit > Preset Manager lalu klik tombol Load. Cari file Smoke.abr

  3. Pastikan Foreground berwarna Putih
  4. Aktifkan Brush Tool dan pastikan Layer 1 aktif. Tempelkan Brush pada tempat yang diinginkan seperti pada gambar dibawah ini.

Asap berwarna

  1. Lebih asyik dan menarik jika asap tersebut berwarna-warni,Caranya klik Create A New Fill of Adjusment layer,pilih menu Photo Filter, atur perameter Filter=Warming Filter (85) atau Orange. Maka gambar berwarna kecoklatan.
  2. Klik lagi Create A New Fill of Adjusment layer,pilih menu Photo Filter, atur perameter Filter=Green. Maka gambar berwarna hijau seperti dibawah ini.
  3. Agar ada kombinasi Orange dan Hijau,aktifkan Layer Mask di Photo Filter 2. Klik Brush Tool dan pastikan foreground berwarna hitam. Drag dibagian yang ingin dihilangkan sehingga menjadi Orange.

Asap Kabut

  1. Buat Layer baru yaitu Layer 2
  2. Pastikan Foreground dan Background berwarna hitam putih dengan cara tekan huruf D pada Keyboard.
  3. Untuk membuat Effect kabut asap, pilih menu Filter > Render > Clounds

  4. Agar Awan sangat kontras, pilih menu Image > Adjusment > Levels. Dengan parameter sebagai berikut:
  5. Agar kabut manjadi warna terang, atur Blanding Mode nya = Color Dodge dengan kekuatan Fill = 60 %

  6. Untuk hasil yang lebih menarik, Buat gradiasi buat gradiasi dengan Gradient Tool gelap di layer Background. Lebih bagus jika Sobat Berkreasi sendiri.
Selesai…
Gak terlalu sulitkan? jika sobat kesulitan untuk melihat foto tutorial diatas klik aja fotonya untuk melihat ukuran aslinya.
bagi Sobat yang ingin mengunduh E-booknya berformat pdf klik disini.
Semoga tulisan saya yang singkat ini dapat bermanfaat bagi Sobat-sobat, dan saya minta maaf jika terjadi kesalahan karena saya juga baru belajar. Manusia itu tidak luput dari kesalahan dan saya disini  Hanya Ingin Berbagi :-)

No comments:

Post a Comment