a

Wednesday 2 January 2013

Mengubah permission, owner, dan group di Linux

Pada posting kali ini saya akan tetap menggunakan file coba.txt yang terletak di desktop .untuk menerangkan cara membaca permission di Linux.
Pertama-tama kamu harus membuka terminal dengan mengakses menu Applications->Accessories->Terminal. Karena kita akan menggunakan terminal untuk mengubah permission, owner, dan group untuk file coba.txt ini. Pada posting berikutnya saya akan membahas cara mengubah permission, owner, dan group untuk file dengan menggunakan program xfe.
Perintah yang digunakan untuk mengubah file permission adalah chmod. Perintah chmod dapat digunakan untuk menambah, menghapus, atau melakukan modifikasi permission terhadap file atau directoty. Gunakan tanda + untuk menambah suatu permission, atau tanda – untuk menghilangkan suatu permission. Berikut ini beberapa options yang dapat digunakan dengan perintah chmod.
u Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari user
g Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari group
o Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari others
a Menambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari semua user
r Menghilangkan atau menambah read permission
w Menghilangkan atau menambah write permission
x Menghilangkan atau menambah execute permission
Misalkan kamu ingin menghilangkan hak read untuk others, maka kamu dapat mengetikkan perintah berikut ini diterminal chmod o-r coba.txt. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini
melihat permission di linux
Apabila kamu ingin menambahkan hak execute untuk owner maka kamu dapat mengetikkan perintah chmod u+x pada terminal. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut ini.
menambahkan hak execute untuk owner
Untuk mengubah ownership dari file coba.txt kamu harus menggunakan perintah chown. Dimana format perintah ini secara umum adalah :
chown nama pemilik file baru nama file
untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai perintah ini kamu dapat melihat manual page dari perintah chmod, dengan cara mengetikkan perintah man chmod pada terminal. Untuk menggunakan perintah ini kamu harus memiliki hak sebagai root. Pada posting ini saya mengubah ownership file coba.txt dari mimikri menjadi gzm. Kamu dapat menggunakan perintah sudo chown gzm coba.txt atau kamu dapat mengetikkan perintah su, dimana perintah ini akan meminta password root user kamu. Ketikkan password root user kamu, lalu ketikkan perintah chown gzm coba.txt. Gambar dibawah ini menunjukkan cara kedua yang saya pakai.
merubah owner file
Untuk mengubah group dari file coba.txt kamu harus menggunakan perintah chgrp. Dimana format perintah ini secara umum adalah :
chgrp nama group baru nama file
untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai perintah ini kamu dapat melihat manual page dari perintah chgrp, dengan cara mengetikkan perintah man chgrp pada terminal. Sama dengan perintah chmod, untuk menggunakan perintah ini kamu harus memiliki hak sebagai root. Pada posting ini saya mengubah group file coba.txt dari mimikri menjadi gzm. Kamu dapat menggunakan perintah sudo chgrp gzm coba.txt atau kamu dapat mengetikkan perintah su, dimana perintah ini akan meminta password root user kamu. Ketikkan password root user kamu, lalu ketikkan perintah chgrp gzm coba.txt.
selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment