a

Saturday 1 June 2013

Cara Aman Hapus Partisi Ubuntu lewat windows


Salam Folder..
Selamat siang sahabat folder, Pernahkah sahabat folder menguninstal linux ubuntu teman-teman kemudian saat restart dan akan masuk ke windows malah terjadi error sehingga teman-teman tidak bisa mengakses windows teman-teman lagi ???
Jika Pernah berarti kita senasib dong haha.. Belajar dari kesalahan makanya saya mencoba mencari solusi dengan googling sana sini dan akhirnya dapat. Nah untuk membantu teman-teman nih saya share cara untuk hapus partisi ubuntu.
Mungkin cara mudah yang pernah terpikirkan oleh sahabat folder adalah dengan menghapus saja partisi dari ubuntu tersebut. Namun cara ini tidak akan menyelesaikan masalah. Karena Ubuntu menginstallkan boot loader yang disebut GRUB di Master Boot Record (MBR). Maka ketika kita menghapus partisi dari ubuntu maka data dari linux akan terhapus namun tidak dengan GRUB.
Nah pada saat kita merestart komputer maka GRUB akan mencari Ubuntu dan apabila tidak menemukannya dan akan terjadi error dan bahkan anda tidak bisa masuk ke system windows.


Berikut adalah cara termudah untuk uninstall Ubuntu dari dual boot dengan Windows Menggunakan MbrFix :
1. Download terlebih dahulu MbrFix  
2. Setelah selesai di download, ekstrak file tersebut ke direktori windows C:\
3. Buka Command prompt dan ketikkan cd \ untuk memastikan anda ada di directory C. 
4. Kemudian ketikkan  mbrfix /drive 0 fixmbr /yes kemudian tekan Enter. 
 
5. Nah kalau sudah selesai sekarang kita dapat menghapus partisi dari ubuntu dengan aman. kita dapat mengakses partisi dari Ubuntu dengan cara klik kanan di My computer dan pilih menu Manage

6. Kemudian akan muncul jendela Computer Management. Klik Disk Management dan pada bagian sebelah kanan kita dapat menemukan partisi ubuntu kemudian dapat langsung menghapusnya dengan cara klik kanan pada partisi Ubuntu >> Delete Volume

7. Restart Komputer teman-teman dan lihat hasilnya

No comments:

Post a Comment