a

Thursday 30 May 2013

Cara Menambah Ukuran Partisi Disk C dari Disk D



Hallo sobat blogger, sudah lama saya tidak share tentang tips dan trik seputar komputer. Kali ini saya akan mencoba kembali mengulas seputar tips trik komputer yaitu cara menambah ukuran partisi disk C dari disik D. Pada umumnya ukuran disk C lebih kecil daripada disk D ataupun disk E, padahal disk C adalah salah satu partisi yang tentunya sering diisi oleh program-program apalagi game-game yang cukup berat, sehingga ukuran sizenya pun juga harus besar kan? bahkan terkadang kita akan kekurangan ruang karena local disk C sudah hampir penuh, seperti kasus saya dulu.
Bagaimana untuk menambah ukuran local disk C?
Caranya mudah, kita cukup mengambil ruang kosong yang ada dari local disk D.
Lalu bagaimana kalau local disk D juga hampir penuh?
Jika local disk D juga hampir penuh kita harus menambah ukuran disk D dulu dengan mengambilnya dari disk E. Setelah disk D ukurannya bertambah dan ada ruang kosong baru kita pindah ke disk C. (harus sesuai urutan)
Begitulah inti cara kerjanya.
Cara melakukan partisi untuk melakukan hal diatas dengan mudah adalah dengan menggunakan software Partition Magic.
Kita ambil saja yang versi home edition, karena yang versi ini gratis dan sudah cukup digunakan untuk kebutuhan sendiri. Download disini atau jika gagal diinstal, Download disini
Penting : Lakukan backup dulu file-file penting kamu sebelum melakukan cara ini.. Untuk berjaga-jaga..
Setelah itu ikuti tutorial video berikut : easeus flash extend_system_partition.swf
Setelah melakukan tutorial video tersebut dan jika  disuruh restart, maka restart saja. Dan nati partition magic akan melakukan partisi saat windows di restart. Kurang lebih memakan waktu 15-30 menit, tergantung banyak sedikitnya ukuran yg dipartisi.
screen shot
Dan ini hasil setelah disk C saya tambah ukurannya. Saya tambah 20Gb dari disk D. Sehinngga yang semula disk C cuma 75Gb sekarang menjadi 95Gb. Dan disk D yg semula 195Gb menjadi 175Gb.
Dijamin aman, tanpa kehilangan data jika mengikuti tutorial dengan benar. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan berkomentar dibawah. Thanks ^_^

No comments:

Post a Comment