a

Tuesday, 29 October 2013

Cara Menghilangkan Tab Search Here dan My Search Results Di Google Chrome dan Mozilla Firefox



Ollo aliens! Setelah berjuang rebutan pake komputer dengan adek gue, akhirnya bisa posting blog lagi. Iya nih, laptop gue lagi rusak, dan sekarang si komputer cuma jadi pelarian disaat laptop gue rusak, kasihan sekali dia. Btw, karena komputer ini yang pake sehari-hari adek atau mama, pas gue pake lagi ada sesuatu yang berubah, entah adek gue abis install aplikasi apaan, di google chrome yang biasa gue pake, home page nya berubah, dari yang isinya thumbnail quicklaunch untuk menuju situs-situs yang biasa dikunjungi, jadi halaman situs pencari yang gak familiar di mata gue, bukan google, namanya sih my search results. Entah search engine apa itu, yang jelas gue pengen balikin browser gue seperti semula.

Gue pikir awalnya ini cuma masalah page waktu start up, yaudah gue ke pengaturan google chrome, ganti home page nya. Tapi ini gak nyelesaiin masalah sama sekali. Begitu google chrome ditutup terus dibuka lagi, halaman my search results masih ada. Dan halaman ini muncul bukan cuma di home, tapi juga kalo kita buat tab baru, langsung muncul halaman my search results ini. Rese sih, abisnya kalo kita abis buka new tab, kursor buat ngetiknya (yang kelip-kelip itu, lupa namanya haha) bukan ada di address bar, tapi malah di kolom pencarian, gak kayak kalo kita buka tab seperti biasa. Kan kalo biasanya, buka new tab, langsung ngetik di address bar, nah kalo ini, buka new tab, harus klik address bar dulu buat mindahin kursornya, baru ketik, annoying!


Dan setelah ditelusuri, ternyata gue nemu masalahnya dan cara menghilangkan halaman My Search Results di Google Chrome ini, dan ternyata gampang banget. Masalahnya adalah bukan sekedar home page, tapi ternyata udah ada extension yang keinstall di google chrome, makanya setiap buka tab baru, langsung muncul halaman My Search Results. Dan extension ini menyamar di antara extension chrome yang lain dengan nama samaran. Untuk menghilangkannya, ikuti langkah berikut :

1. Di Google Chrome, buka Settings
2. Klik bagian Extension di sebelah kiri
3. Cari Default Tab
4. Disable, atau remove deh :))

Terus buat kembaliin settingan yang lain

1. Pindah ke bagian Settings
2. Di bagian "On Startup" , pilih halaman apa yang bakal muncul waktu awal buka chrome, klik set page
3. Kalo ada mysearchresults disitu, remove aja, dan masukan halaman yang pengen kita waktu start up, misalnya www.sayabukanalien.com (promosi terselubung huahahaha)
4. Ok
(atau kalo gak mau munculin new tab page, pilih yang "open new tab page", jangan "open specific page", yah pokoknya terserah itumah, yang penting My Search Results nya udah di-remove)

Terus kebawah dikit, kita atur search engine nya

1. Ke bagian Search
2. Manage Search Engine
3. Liat di Default Search Engine, kalo ada My Search Results, remove aja
4. Pilih search engine yang mau dijadiin default
5. Ok

Close Google Chrome dan buka lagi, taa-daa! Google Chromenya sudah bersih dari My Search Results :D

Dan ternyata, extension ini bukan cuma keinstall di google chrome tanpa kita sadari, tetapi juga terinstall di semua browser kita! Dan yang di Mozilla Firefox sama Internet Expolorer efeknya lebih, karena ada tab "search here" di samping tab yang lagi kita buka. Gimana cara menghilangkannya? yuk..

Pada Mozilla Firefox :

1. Add-ons
2. Di bagian Extension, cari Default Tab
3. Disable atau Remove
4. Lalu ke Options > Options
5. Di bagian General, Startup, atur home page nya. Kalo disitu mysearchresults, remove. Ganti page yang diinginkan, misalnya www.sayabukanalien.com #tetep
6. Ok
7. Di search bar di kanan atas, kalo masih logo my search results, ganti jadi search engine yang diinginkan dengan klik tanda panah ke bawah kecil di logonya, nanti keluar pilihannya.
8. Tutup mozilla dan buka lagi

Kalo yang di Internet Explorer, kali aja ada yang pake internet explorer dan terganggu juga dengan extension ini, ikuti langkah berikut :

1. Tools > Manage Add-ons
2. Di bagian Toolbar and Extensions, cari Default Tab (ada di bawah, di bagian Search Results, LLC)
3. Klik, lalu klik Disable yang ada di bagian bawah
4. Close
5. Buat ngubah home page nya, sekarang ke Tools > Internet Options
6. Di tab General, di bagian Home Page, kalo ada mysearchresults, hapus, ganti dengan page yang diinginkan untuk dibuka saat pertama buka IE, misalnya www.sayabukanalien.com #gigih .
7. Ok

Sebenernya masalahnya udah selesai sih sampe sini, karena kita udah ngeganti home page dan disable extensionnya. Tapi untuk menuntaskan dan mau remove extensionnya, silahkan :

1. Ke Control Panel > Add or Remove Program (XP) / Program (Vista atau diatasnya)
2. Cari Default Tab, lalu uninstall
3. Nikmatilh setiap detik peng-uninstall-an nya, gyahahahahahahaha!! (kesannya kayak apa aja ya extension ini -,-)
4. Done, sekarang semua telah kembali normal, dan para browser hidup bahagia selama-lamanya.

Buat yang masih bingung dengan penjelasan gue di atas yang ngebingungin, ini ada video tutorialnya gimana caranya menghilangkan my search results atau tab search here ini




Woke, semoga tutorial ini ngebantu kalian yang juga keganggu dengan extension ini, dan semoga kita jadi lebih hati-hati kalo abis install program, baca tulisannya bahwa bakal ngeinstall add-ons atau extension apa aja program itu, kan kalo udah baca, bisa kita uncheck semua extension tambahan itu biar gak keinstall, yang gak kita butuhin, dan malah jadi mengganggu :D