a

Saturday 12 December 2015

Mengetahui arti kode Shipment Status di JNE

Kalau anda sudah mendapatkan nomor resi paket yang dikirim melewati JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) bisa anda perhatikan bahwa seharusnya keadaan barang anda di bagian Shipment Status (Status Pengiriman). Masalahnya isi Shipment Status ini menggunakan kode – kode yang kadang tidak intuitif saat membacanya dan membuat kita menebak – nebak maksudnya.

jne-tracking-details

Shipment Status JNE Umum

Status pengiriman paket kalau lancar langsung ke alamat tujuan tidak banyak variasinya, urutannya seperti tabel dibawah ini.
StatusArti
ManifestedBarang yang akan dikirim sudah diterima di JNE, sudah siap dan menunggu proses pengiriman.
On TransitPaket yang dikirim sedang transit di kota lain, dan akan diikutkan dengan jadwal pengiriman menuju kota tujuan.
On ProcessPaket sedang dalam proses pengiriman, kalau masih pada tahap ini biasanya agak lama menunggu updatenya.
Received On DestinationMaksudnya barang sudah diterima di JNE kota tujuan pengiriman, tapi masih belum dikirim ke alamat tujuan.
DeliveredArtinya paket sudah diterima di alamat tujuan, bila anda tidak di tempat segera hubungi orang satu rumah anda untuk konfirmasi.

Shipment Status JNE Lainnya

Selain status pengiriman paket diatas juga terdapat yang lainnya, biasanya kode – kode shipment status berikut akan digunakan kalau proses pengiriman tidak lancar atau ada masalah
jne-trace-tracking-status-invalid-bag
Biasanya kalau kurir JNE telah berusaha mengirim paket ke alamat tujuan 2 kali dan tidak ada yang menerima, anda akan mendapatkan kertas yang ditinggalkan kurir tersebut bahwa paket anda bisa diambil sendiri di cabang JNE yang dituliskan. Ada juga yang akan menghubungi anda langsung via telpon, jadi pastikan anda memberikan nomor yang bisa dihubungi kepada si pengirim sebelumnya.
Kalau anda mengalami masalah pada pengiriman paket JNE baik tidak datang atau rusak saat menerima sebaiknya sampaikan keluhan ke JNE.

Catatan

Kode – kode JNE ini saya kumpulkan dari pengalaman pribadi dan pertanyaan yang masuk, juga mendapatkan artinya dengan mencari di internet atau menanyakan langsung ke pihak JNEnya. Jadi masih ada kemungkinan informasinya tidak akurat, tapi sudah saya usahakan merupakan yang terbaik dan sampai sekarang masih belum ada kesalahan. Saya juga akan sangat berterimakasih kalau ada yang menambahkan kode – kode lain.

No comments:

Post a Comment