a

Thursday, 31 August 2017

Materi KKPI Kelas XII SMK



1.Menginstal software jaringan

Pengertian LAN dan internet :
LAN:
Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
INTERNET :
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
JARINGAN KOMPUTER :
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messagingchatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Klasifikasi
Berdasarkan skala :
  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
  • Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
  • Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi mesh
  • Topologi pohon
  • Topologi linier
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    • Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
    • Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
  1. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
    • Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
    • Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
    • Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
  1. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
    • Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
    • Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
  1. Berdasarkan media transmisi data
    • Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
    • Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan

3.Mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi


Pada pokok bahasan ini akan membahas tentang pemahaman jaringan komputer, memeriksa koneksi ketersambungan personal komputer pada jaringan komputer, menggunakan sumber daya bersama (Resource Sharing)
1.         Pemahaman Jaringan (Networking) Komputer
Sejak ditemukannya teknik komunikasi data antara komputer, mulailah berkembang penggunaan jaringan komputer di lembaga‐lembaga bisnis maupun pendidikan dan riset serta lembaga‐lembaga lainnya.
Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terhubung banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer  yang difungsikan sebagai “pelayan” pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer‐komputer yang tersambung. Fungsi pelayanan ini dimungkin oleh adanya penggunaan perangkat lunak khusus untuk server. Perangkat lunak yang dulu dikenal antara lain Xenix dari IBM, UNIX/LINUX, Novell dan Microsoft Windows dan beberapa merk lainnya. Saat ini yang umum dipergunakan orang adalah perangkat lunak Novell dan Windows NT dari jenis‐jenis keluaran terbaru yang memiliki kompatibilitas dengan jaringan internet. Kompatibilitas ini atau kecocokan ini dimungkinkan oleh karena perusahaan produsennya telah mengembangkan produknya dengan menambahkan sistem TCP/IP. Apakah Sistem TCP/IP tersebut
TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol) dipergunakan dalam jaringan internet sebagai sistem pengiriman meta data dan pengontrolannya.
Secara fisik, jaringan komputer merupakan komputer yang dihubungkan dengan kabel data. Ada beragam jenis kabel data yang dibuat untuk penggunaan tertentu seperti kabel RG 58 untuk didalam ruangan, dapat juga mempergunakan kabel UTP. Untuk hubungan jaringan komputer antar gedung dapat dipergunakan kabel RG8 atau yang dikenal sebagai kabel backbone. Apabila kita membangun jaringan komputer antar gedung            sebaiknya memperhatikan keamanannya dari gangguan petir.
2.                     Memeriksa koneksi PC pada jaringan komputer
2.1.      Untuk melihat IP Address sebuah PC dalam jaringan:

  • klik Start Run
Gambar 4.1. Menu Run 1
  • ketik cmd (untuk Win XP) atau command (untuk Win 98)
  • klik OK atau tekan Enter
  • ketik pada C prompt: ipconfig
  • tekan Enter
Gambar 4.2. MS‐DOS Prompt 1
akan tampil…
Gambar 4.3. IP Address
2.2.      Untuk men‐cek ketersambungan PC dalam jaringan
•    klik Start Run

Gambar4.4. Menu RUN 2
•    ketik cmd (untuk Win XP) atau command (untuk Win 98)
•    klik OK atau tekan Enter, maka tampil

Gambar 4.5. MS‐DOS Prompt 2
•    ketik pada C prompt: ping 192.168.8.21, contoh : IP PC sendiri
Gambar 4.6. Perintah ping
•    tekan enter, maka tampil…
Gambar 4.7. Replay from
•   Jika ada pesan “Reply ….” berarti telah mengenal/ada koneksi pada IP diri sendiri dalam jaringan
•   jika IP Address yang diketik adalah IP PC lain, contoh : ping
192.168.1.50
•   tekan enter, perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 4.8. Request Time Out
  • jika muncul tampilan seperti di atas ini (tidak ada pesan “Reply ….”), berarti IP Address PC yang diketik tidak terkoneksi dengan PC kita
3.                     Menggunakan Sumber Daya Bersama (Resources Sharing)
3.1.      Men‐setting shared folder
•   klik kanan pada Start > pilih Explore
•   klik kanan pada Folder yang akan di‐shared > pilih Sharing and Security…

Gambar 4.9. Sharing Network
•   pada check box pilih: Share this folder on the network
•   klik OK
Folder yang di‐shared akan ditampilkan dalam thumbnail icon seperti di bawah ini

Gambar 4.10. Sharing Folder
3.2.      Mengatur shared floppy disk drive
•   Klik kanan pada Start > pilih Explore op
•   Klik  kanan  pada  drive  yang  akan  di‐shared  >  pilih  Sharing  and Security…

Gambar 4.11. Awal Sharing CD Drive
•   klik teks: If you understand the risk but still want to share…
Gambar 4.12. Sharing CD Drive
•   pada check box pilih: Share this folder on the network, klik OK
•   folder yang di‐shared akan ditampilkan dalam thumbnail icon seperti di bawah ini
Gambar 4.13. Hasil Sharing CD Drive
•   Hal yang sama dapat dilakukan pada drive A (shared floppy disk drive) dan drive C (shared hard disk drive)
3.3.      Men‐setting shared‐printer dari sisi Server
•    klik Start Control Panel > Dobel‐klik Printers & Faxes

Gambar 4.14. Awal Sharing Printer
•    klik kanan pada Printer yang akan di‐share
•    pilih Sharing

Gambar 4.15.Sharing Printer
•    klik tombol : Share this printer
•    klik OK atau tekan Enter

Gambar 4.16. Hasil Sharing Printer
•    Printer yang ter‐sharing ditandai dengan gambar telapak tangan
3.4.      Mengatur  shared‐printer dari sisi Client
•    klik Start > Control Panel > klik dua kali Printers & Faxes
•    klik Add a printer
•    klik Next

Gambar 4.17 Add Printer
•    pilih radio button: A Network printer, or a printer…
•    klik Next

Gambar 4.18 Add Printer dari jaringan komputer
•    klik radio button: Browse for a printer
•    klik Next

Gambar 4.19 Browse Printer dari jaringan komputer
•    Gunakan scroll bar untuk memilih printer yang berada di dalam jaringan
•    Klik Next

Gambar 4.20. Browse Printer dari jaringan komputer
Perintah pencetakan dengan shared‐printer sama dengan stand‐alone printer biasa, hanya perlu mengarahkan pilihan printer yang di‐shared
3.5.      Mengakses/mengambil file dari komputer lain
•    Klik  icon  network  neighborhood/Network  place pada desktop
•    Akan muncul tampilan sebagai berikut :

Contoh Komputer yang terhubung
                  Gambar 4.21.   Komputer yang terkoneksi           Gambar 4.22. Direktory/Folder yg tersharing 
•    Pilih komputer yang akan dituju dengan cara di klik nama komputer yang ada di network explorer

 

4.Pengenalan Web Browser

Web browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan di dalam komputer. awalnya, web browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengolah bahasa HTML sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informatif.
Dengan menerapkan GUI, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat dalam internet dengan mudah. beberapa contoh web browser di antaranya Netscape navigator, internet explorer, mozilla firefox, mozaic, google, dll. Browser disebut juga web browsing.
Hal yang perlu diketahui dalam pencarian suatu informasi adalah pemahaman tentang struktur alamat web, misalnya http://www.perdana-smg.com. Alamat tersebut dapat kita artikan sebagai berikut:
1. HTTP, yaitu service transfer web
2. www (world wide web) yaitu jaringan situs web terbesar sebagai pengelola pengalamatan situs web di internet.
3. perdana-smg, disebut nama wilayah (domain) yaitu sebuah nama yang digunakan suatu institusi untuk situs webnya.
4. com, merupakan nama akhir sebuah domain, biasanya menunjukkan bidang usaha situs web yang bersangkutan.
Contoh beberapa domain name antara lain:
1. net : penyedia jasa koneksi internet
2. edu atau ac : lembaga pendidikan atau universitas
3. co, com : perusahaan komersial
4. or, org : organisasi nonprofit atau yayasan
5. mil : lembaga kemiliteran

A.Pengenalan Internet
 Definisi
Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet. Dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa text, grapich, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang biasa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dimana saja. Dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran.

Sejarah Internet
            Pada awalnya Internet adalah untuk keperluan Militer (perang dingin 1969) dengan tujuan departemen pertahanan USA membutuhkan sebuah system jaringan yang menghubungkan semua komputer didaerah vital untuk mengatasi serangan nuklir. USA menciptakan net sebagai jaringan komunikasi antar komputer yang digunakan saat ini untuk menahan berbagai serangan dari Rusia yang saat itu terjadi perang dingin antar negara adidaya yang ingin saling “uji teknologi”. Pada tahun 1973, gabungan desainer memisahkan jaringan kedalam sebuah proyek yang disebut “Internetting Problem”. Mulai tahun 1983, sejumlah 400 komputer telah saling berhubungan, dan pada 1986,National Science Fondation menciptakan NSFNet yang menghubungkan jaringan 2 regional melalui Back Bone Nasional berkecepatan tinggi. Setelah berkembang dan bergabung banyak Universitas sehingga diputuskan diklasifikasikan Sistem jaringan Militer dan Non Militer,gabungan keduanya disebut DARPA Internet dan popular denganInternet.

4.Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet
Perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan untuk mengakses internet dan fungsinya, antara lain adalah :
1. Komputer
2. Modem
3. Saluran Telepon (Line Telepon), TV Kabel, ISDN, Handphone
1. KOMPUTER
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi  berikut:
Processormerupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.
RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB

Harddisk
digunakan untuk media penyimpanan data secarmagnetik. Harddisk minimal 10GB
 
VGA card
Merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB.
  Monitor
Merupakan perangkat output.
2. MODEM
M
odem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:
  • Modem Dial Up ( Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL)
Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet.
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:

1) Modem Internet
Modem Internet  merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungan menggunakan modem internal, antara lain adalah :a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak   kabel.
Sedangkan kelemahan modem internal, sebagai berikut:a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2) Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a)      Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada  komputer lain
b)      Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.

Kelemahan dari modem eksternal:
a) Harga lebih mahal dari pada modem internal
b) Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
  • Modem Kabel (Cable Modem)
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna).
Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
  • Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber line)ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
 Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
Jenis modem
1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Modem ADSL
3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
4. Modem CDMA
5. Modem 3GP
6. Modem GSM

3. Saluran Telepon (Line Telepon), TV Kabel, ISDN, Satelit, Handphone
Saluran Telepon (Line Telepon)
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet.
TV Kabel
Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat melalui jaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn, indosat, linknet, centrin, dan mynet.
ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan transmisi system telepon analog ke system digital.
Parapemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP (Network Service Provider).
Di dalam ISDN terdapat dua jenis pelayanan, yaitu:
  1. Basic Rate Inteface (BRI)
  2. Primary Rate Interface (PRI)
Satelit
VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter.
Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
Handphone
Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP. Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 Kbps. Selain WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service), GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer. Saat ini, terdapat 3G (Third Generation) pada telepon seluler berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 Kbps.


5.Cara koneksi internet

 

LANGKAH – LANGKAH KONEKSI KE INTERNET
A. BAGAIMANA MENGINSTALL NIC ( KARTU JARINGAN )

Gambar NIC
Ketika menginstall NIC di komputer Anda hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Anda telah membeli Benar NIC (Network Interface Card). Ini berarti bahwa NIC kompatibel dengan motherboard Anda dan juga bahwa Anda memiliki slot yang tersedia di motherboard yang untuk memasukkan NIC Anda.
1. Langkah awal adalah membaca petunjuk penggunaan. Setelah anda mulai memahami langkah pemasangan, matikan computer dan pastikan tidak terhubung dengan aliran listrik.
2. Berikutnya pasang NIC pada slot yang telah disediakan. Pastikan pemasangan NIC benar-benar tertancap pada slot. Rekatkan pemasangan NIC dengan sekrup.
3. Sekarang memasang casing CPU dan menghubungkan komputer Anda kembali ke sumber tenaganya. Pasang salah satu ujung kabel Ethernet ke dalam jack RJ-45 dan ke router lain / modem. Hal ini akan menyelesaikan instalasi perangkat keras tapi kami masih harus menyelesaikan menginstal perangkat lunak.
4. Repower mesin dan menemukan wizard hardware baru. Wizard akan menginformasikan Anda dari drive mana anda akan menginstall driver, hal ini terjadi apabila anda menginstall dari CD atau Hard disk. Namun jika Anda tidak diminta untuk membuat pilihan dan Windows menginstal versi sendiri dari driver segera install ke device manager dan update driver dan memilih untuk memperbarui / update  menggunakan software CD Anda.
5. Setelah proses ini selesai anda dapat masuk ke device manager dan klik kanan pada card yang baru saja telah anda install. Jika tidak ada kesalahan maka akan dilaporkan pada tab umum atau sumber daya. Ingat jika menghubungkan PC Anda ke LAN, Anda harus mengkonfigurasi Sistem Operasi. Ketika bekerja dengan mesin berbasis Windows wizard jaringan akan memandu Anda melalui proses ini.
Source:http://www.searchgrid.org/index.php?lang=id&cat=3f8&month=2010-06&id=32099

Langkah – langkah masuk ke Device Manager dan mengatur NIC

1. Start
2. My computer, klik kanan properties 

3. Pilih hardware, kemudian device manager



4. Akan tampil window device manager, pilih network adapter



5. Pilih 1394 net adapter




  8.BAGAIMANA MENGKONEKSIKAN PADA INTERNET
1. Masukkan kabel RJ-45 pada Hub atau Switch
Gambar Konektor RJ 45
2. Cobalah cek dengan menggunakan command prompt dan ping ke www.google.com
Di bawah ini merupakan tahap – tahap untuk memasang internet di rumah menggunakan modem
Memasang (Install) modem
Langkah awal untuk melakukan koneksi internet adalah memasang komponen dasar untuk hubungan jaringan skala luas (WAN), yakni modulasi de modulasi (modem).
Modem merupakan perangkat perantara antara komputer dengan saluran telepon yang berfungsi untuk merubah dari format digital ke analog dan sebaliknya, agar komputer kita dapat berhubungan dengan ISP melalui sarana jaringan telepon.
Tahapan-tahapan untuk memasang modem adalah sbb.:
Nyalakan komputer, kemudian pada menu pilihan desktop windows, klik menu Startkemudian klik Control Panel.
Pada jendela Control Panel, pilih icon Modem dan double klik, sehingga muncul jendela Install New Modem

Klik Add. Kemudian akan muncul jendela sbb.:

Apabila anda memiliki m odem baru dengan software pendukungnya (driver), sebaiknya anda memilih pelacakan secara manual sehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut.
Pada jendela di atas, klik pada kotak menu Don’t detect my modem, kemudian klik Next.
Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali. Pilih jenis modem yang sesuai dengan modem anda, kemudian klik Next.
Apabila anda memiliki m odem baru dengan software pendukungnya (driver), sebaiknya anda memilih pelacakan secara manual sehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut.
Pada jendela di atas, klik pada kotak menu Don’t detect my modem, kemudian klik Next.
Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali. Pilih jenis modem yang sesuai dengan modem anda, kemudian klik Next.

Masukkan CD-ROM yang berisi file driver dari modem tersebut.
Klik pada tombol Have Disk

Klik browse, dan cari dimana driver dari modem tersebut berada, misal d:\ untuk membaca pada CD-ROM.
Pilih port komunikasi (COM), dimana modem tersebut disambungkan, misalnya pada port COM1), Kemudian tekan Next.
Klik Finish untuk mengakhiri setup modem Anda.
Mengkonfigurasi koneksi dial-up.
Selanjutnya untuk melakuan koneksi ke internet, pastikan bahwa koneksi secara fisik berikut telah anda lakukan, yaitu:
Hubungan antara modem (eksternal) melalui port RJ-11 ke sambungan serial COM 1 pada PC menggunakan konektor DB-9,
Hubungan antara modem via port RJ-11 ke line telepon (Telkom).
Selanjutnya melakukan setup dial-up dengan cara sbb.:
Nyalakan komputer, Modem, dan pastikan line telepon aktif
Aktifkan Internet Explorer
Klik pada pilihan menu tools, internet option, connection, kemudian akan keluar tampilan kotak sbb.:
Klik pada ADD
· Klik pada Dial-up private network, kemudian klik Next
· Ketik nomor telepon: 080989999, kemudian tekan Next
· Anda akan diminta mengetikan nama icon dial-up (default : dial-up connection), kemudian klik Finish.
· Tampilan jendela connection akan muncul kembali, kemudian klik pada pilihan always dial my default connection, kemudian klik Ok.
Dengan demikian setiap anda akan menjalankan Internet Explorer, maka secara otomatis sistem akan melakukan dial-up ke telkomnet instant dengan verify user login dan password.
Adapun nama usernya, silahkan ketikkan : telkomnet@instant, sedangkan passwordnya adalah: telkom, kemudian klik connect.
Sumber : http://muhamaddzikrionline.wordpress.com/2008/09/02/memasang-koneksi-internet-di-rumah/

6.INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)
1. Pengertian ISP
    Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.
2.  Fungsi ISP
  • Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
  • Menyediakan modem untuk dial-up.
  • Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
  • Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  • Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
  • Memberi tempat untuk homepage
  • ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya  
  • 7.Setting Komputer untuk mengakses internet

    MENGHUBUNGKAN  INTERNET  MELALUI  DIAL-UP
      a.       Setting dial-up dengan telkomnet@instant
    Untuk melakukan setting dengan telkomnet@instant diperlukan software dial up networking dari Windows dan saluran telepon. Pola hubungan ini dikenal sebagai PPP (Point to Point Protect)
    … Kebutuhan Hardware dan Software
                    Sebuah PC, modem, OS Windows XP, saluran telepon, akun internet
    … Instalasi
                    Mendapatkan account internet
                                    Username           : telkomnet@instant
                                    Password            : telkom
                                    Nomor telpon   : 080989999
                    Setting modem
                    Instal dial-up networking
                                    Klik start, lalu control panel, kemudian network connection
    … Penggunaan
                    . .. Klik start lalu all program kemudian accessories, pilih communications kemudian
          dial-up
    . .. Klik 2x koneksi anda ke ISP, ketikkan pada user name : telkomnet@instant dan
          password : telkom, kemudian klik connect.
    . .. Ikuti instruksi yang diberikan untuk langkah selanjutnya.
      b.      Instalasi pada Modem CDMA
    Berikut ini adan dijelaskan cara instalasi modem CDMA sehingga dapat difungsikan untuk koneksi ke internet.
    a.       Masukkan modem GeeMobile Evdo pada port USB
    b.      Klik next
    c.       Klik browse
    d.      Klik install tunggu sampai selesai
    e.      Klik finish
    Sebelum anda melakukan koneksi internet, pastikan bahwa anda telah terdaftar pada provider CDMA yang akan digunakan.
    .
    MENGHUBUNGKAN INTERNET MELALUI LOCAL AREA NETWORK (LAN)
    Koneksi internet dapat dilakukan pada jaringan komputer. Berikut langkah-langkahnya:
    … klik menu start
    … buka control panel
    … klik 2x icon network connection
    … pada jendela network connection klik kanan ikon local area connection dan kemudian pilih menu
        properties
    … pada tab general, ditunjukkan jenis Ethernet card yang terpasang pada komputer.
    … klik 2x internet protocol (TCP/IP) untuk menyetingnya
    … setelah setting telah dilakukan, klik ok
    .
    CARA MENGHUBUNGKAN INTERNET MELALUI HOTSPOT
                    Untuk menghubungkan komputer ke internet melalui hotspot, ikuti langkah-langkah berikut ini:
    … klik menu start
    … buka control panel
    … klik 2x icon network connection
    … pada jendela network connection, ditunjukkan jenis WiFi
    … klik 2x icon wireless network connection
    … pada jendela yang muncul, tampak jenis layanan hotspot yang tersedia
    … klik connect
    … jika kondisi sudah terconnect dapat terlihat sinyal

    Panduan Dasar Cara Browsing di Internet

    Internet sudah dikenal luas. Orang sudah terbiasa beraktivitas di internet, misalnya berkirim email atau facebook-an. Namun, banyak juga pengguna internet pemula yang belum bisa melakukan browsing internet dengan teknik yang baik dan benar. Berikut ini panduan singkat untuk melakukan browsing melalui sebuah komputer.

    Untuk mengakses internet, kita menggunakan program yang disebut web browser. Jika Anda menggunakan Windows, Anda bisa menggunakan program bawaannya, yaitu Internet Explorer. Beberapa pengguna komputer juga menginstall program alternatif dengan fungsi sejenis, seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome.

      

    Browsing Internet
    • Untuk mulai mengakses sebuah website, buka program web browser, lalu ketikkan alamat situs di kotak isian Address Baryang ada di bagian paling atas, tekan Enter. Jika tidak tahu alamat website yang harus dituju, gunakan kotak pencarianyang ada di sisi atas kanan. Ketikkan topik atau apa pun yang ingin lihat di internet, tekan Enter
    • Kini halaman situs yang kita tuju ditampilkan. Jika tampilan halaman web terlalu kecil sehingga susah dibaca atau dilihat, perbesar tampilan dengan cara menekan tombol CTRL dan +(plus) di keyboard secara bersamaan. Tekan tombol CTRL++kembali jika masih ingin memperbesar lagi. Sebaliknya, untuk memperkecil tampilan, tekan tombol CTRL dan - (minus) di keyboard secara bersamaan.
    • Untuk melihat-lihat informasi yang tersedia, klik pada link-link menu yang ada di halaman web tersebut. Link atau hyperlink adalah sebuah teks atau gambar yang jika kita klik akan mengarahkan kita ke lokasi lain, misalnya ke halaman lain atau ke situs web lain. Keberadaan link di tampilan halaman web dapat kita ketahui dari perubahan bentuk pointer mouse saat kita gerakkan melintasi link, dari tanda panah menjadi tanda telapak tangan. Target tujuan sebuah link yang akan kita klik dapat kita lihat di sudut kiri bawah jendela web browser.
    • Jika isi informasi yang tersaji menarik, maka untuk mencetaknya cukup klik tombol Print di bagian atas, atau klik menu File > Print.
    • Jika tidak ada printer, kita bisa menyimpan halaman web ke komputer atau flash disk untuk kita baca atau cetak di lain waktu, meskipun kita tidak terhubung ke internet. Caranya klik menu File > Save As, lalu tentukan tempat simpan di komputer, misalnya ke flashdisk.
    • Jika sering mengakses sebuah situs atau menyukai situs-situs yang baru kita jumpai, kita dapat menyimpan alamatnya ke dalam daftar halaman favorit. Jadi, tidak perlu menghapal alamat sekian situs web yang kita sukai. Tekan tombol Crtl+D atau klik menu Favorites > Add to Favorites (di Internet Explorer) atau Bookmarks Bookmarks This Page (di Mozilla Firefox). Nantinya kita tinggal membuka kembali menu Favorites / Bookmarks lalu meng-klik nama situs yang telah kita simpan pada daftar.
    • Untuk menyimpan sebuah gambar yang ada di halaman web, klik kanan gambar, lalu cari dan pilih Save Image As atau Save Picture As. Selanjutnya kita tinggal menentukan nama baru untuk file gambar itu dan memilih lokasi penyimpanan, misalnya ke USB Flash Disk.
    • Untuk mendownload program atau file lainnya (misalnya pdf, lagu, atau, dan sebagainya), pastikan dahulu kita telah menemukan link downloadnya. Biasanya jika sebuah halaman menyediakan file yang bisa didownload, tersedia link atau tombol Download. Sama seperti saat mendownload gambar, kita simpan file hasil download di lokasi penyimpanan di komputer, MMC, atau di flash disk.
    • Jejak halaman situs web yang kita kunjungi tersimpan di fasilitas History web browser, sehingga bisa dilihat daftarnya dengan menekan menu atau tombol History. Jika ingin menghapus jejak situs yang baru saja kita akses (misalnya setelah mengakses internet banking), maka tekan tiga tombol CTRL + Shift + Delsecara bersamaan. Pilih Delete atau Clear Now untuk menghapus semua jejak, atau tentukan jenis jejak atau rentang waktunya dahulu jika hanya ingin menghapus jejak tertentu saja.
      9.Search engine terkenal


  • Google

    Yahoo
     
    Excite
     
    Dogpile
     
    DMOZ
     
    KartOO
     
    IceRocket
     
    Beaucoup
     
    Picsearch
     
    Webshots



    10.Mengoperasikan software e-mail client

    A. PENGERTIAN E-MAIL
    E·mail adalah fasilitas intemet yang digunakan untuk mengirim surat elektronik. Pengiriman surat secara elektronik ini sering disebut dengan Electronic Mail atau yang terkenal dengan istilah e-mail. Setiap orang yang akan berkomunikasi menggunakan Iayanan internet e-mail harus memiliki alamat e-mail sendiri-sendiri, alamat e-mail ini dapat diperoleh secara resmi ketika mendaftarkan diri ke ISP atau didapatkan dengan cara gratis (free e-mail. Aplikasi di intemet untuk mengakses e-mail dapat berupa aplikasi tersendiri seperti Eudora, Intemet mail, Pine, atau menggunakan fasilltas Web mail. Web mail adalah fasilitas untuk mengakses e-mail dengan menggunakan browser. E-mail dapat dikirimkan ke setiap orang satu per satu atau pengiriman secara kelompok. Dalam pengiriman secara kelompok, setiap sekali mengirim maka seluruh anggota dalam kelompok tersebut akan terkirim. Istilah ini sering disebut Mailing List atau milis. Microsoft Office telah melengkapi fasilitas e-mail ini dengan Microsoft Outlook dan Outlook Express. Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mengirim dan menerima e-mail secara Iangsung. Sejumlah perusahaan jasa layanan intemet menyediakan fasilitas e-mail secara terintegrasi maupun terpisah. Yahoo menyediakan fasilltas e-mail secara terintegrasi dengan layanan intemet Iainnya, bahkan Yahoo menyediakan pendaftaran e-mail gratis kepada seluruh pengguna internet di seluruh dunia.
    B. MEMBUAT ALAMAT E-MAIL MELALUI SEARCH ENGINE
    Bagaimana kita membuat sebuah alamat e-mail?
    Untuk dapat mengirim dan menerima e-mall, kita harus melakukan pendaftaran ke salah satu provider yang menyediakanjasa Iayanan tersebut. Langkah-langkah yang kita tempuh yaitu sebagai berikut.
    1. Koneksikan komputer ke internet, kemudian buka browser Internet Explorer. Kunjungilah situs http:// mail.yahoo. co.id/. Kunjungan ini bertujuan untuk mendaftarkan alamat e-mail agar dapat memanfaatkan layanan internet untuk mengirimkan surat elektronik.

    Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:

    Klik Daftar akan muncul seperti dibawah ini.

    Maka akan keluar tampilan sebagai berikut dan Isilah form berikut ini :

    Ada 3 Pokok Isian yang harus dilengkapi dengan benar yaitu :
    1. Ceritakan tentang diri Anda ….
    2. Pilih ID dan sandi ….
    3. Jika Anda lupa sandi atau ID Anda ….
    Berikut ini uraiannya :
    1. Ceritakan tentang diri Anda ….
    Nama Saya : Isikan dengan nama depan dan nama belakang anda (jika ada). Perlu diperhatikan bahwa isian nama anda nantinya akan dijadikan saran ID dari yahoo. Contohnya nama depan : Ahmad nama belakang : Zidni, maka pada ID Yahoo! dan email akan diberikan masukan ID yang tersedia misalnya : ahmad.zidni dan seterusnya. Dan apabila anda memasukkan ID-nya salah, maka akan muncul ID ini tidak tersedia.

    Jenis Kelamin : isikan dengan jenis kelamin pria / wanita, contoh : Pria.
    Tanggal Lahir : isikan tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda, contoh :
    11 September 1970.
    Saya tinggal di : isikan Negara tempat anda tinggal, misalnya Indonesia Kode Pos : isikan kode pos tempat anda tinggal, misalnya saya tinggal di Kab. Pekalongan Kec. Wonopringgo maka saya tulis 51181.
    2. Pilih ID dan sandi ….
    ID Yahoo! dan Email : isikan nama ID Yahoo! Dan Email anda dengan format ……@yahoo.co.id. Artinya anda hanya cukup menuliskan nama ID atau Email di bagian kosong saja, misalkan zidni_zet (perlu diingat dalam penulisan nama ID atau Email harus menggunakan huruf kecil semua dan tidak boleh ada spasi), maka secara otomatis ID dan email anda akan beralamat di yahoo.co.id menjadi zidni_zet @yahoo.co.id
    Apabila ID Yahoo! Anda berhasil disetujui pihak yahoo, maka akan muncul tulisan ID Yahoo! Anda sudah disetel ke zidni_zet

    3. Pertanyaan Keamanan
    isikan pertanyaan-pertanyaan yang mudah anda ingat dan mudah jawabannya, contoh : Siapa nama tengah ayah Anda? Pertanyaan ini digunakan apabila anda lupa sandi email, maka bisa menggunakan jawaban atas pertanyaan yang anda buat disini.
    Jawaban Anda : isikan jawaban anda atas pertanyaan di atas minimal 4 karakter, penggunaan huruf besar atau kecil diperbolehkan, contoh : marjono
    Hanya beberapa data lagi ….
    Ketikkan kode yang ditunjukkan : isikan kode sama persis seperti yang muncul dilayar bawahnya, huruf besar atau kecil berpengaruh terhadap isian kode. Kode yang muncul di kotak besar akan selalu berubah-ubah setiap kali mendaftar, pada contoh disini yang keluar adalah GT24

    Langkah berikutnya adalah berilah tanda centang ( √ ) dengan cara klik pada kotak pilihan Anda Setuju?
    Untuk memproses pendaftaran email anda, maka klik tombol

    Tunggu proses berlangsung, jika berhasil pendaftaran anda maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

    Anda bisa mencatat Data Rincian Akun tersebut, khususnya Yahoo!ID anda contoh : zidni_zet (digunakan untuk masuk ke email) dan alamat surat Yahoo! Anda contoh zidni_zet@yahoo.co.id (digunakan orang lain untuk mengirim surat, karena alamat tersebut harus lengkap).
    Klik tombol lanjutkan untuk melanjutkan menggunakan Yahoo! Mail.

    Pada dasarnya  email sama dengan surat biasa  ( snail mail ) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server.
    Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan ( seperti yang ditunjuk pada alamat e-mail kepada siapa kita menulis email), maka email tersebut disimpan pada sebuah email-box.
    Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek email-box-nya.
    Alamat email terdiri dari tiga bagian yaitu identitas pengguna (user name), tanda  @  yang dibaca et (artinya ‘lokasinya di’ ) dan yang terakhir nama domain tempat e-mail pengguna e-mail tersebut berada. Misalnya  zidni_zet@yahoo.co.id
    yang dibaca zidni_zet yang lokasinya di domain yahoo.co.id (zidni_zet at yahoo.co.id).
    Di sini identitas pengguna (user name) adalah zidni_zet. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname,  nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi email-box yang dimiliki seseorang di sebuah  mail server. Sedangkan  gmail.com disebut  domain name, yang menunjukkan identitas mail server dimana seorang user memiliki email-box. Jadi e-mail tersebut bisa juga Kamu baca zidni_zet di server yahoo.co.id.
    Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki banyak kelebihan lain. Ini
    terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email yaitu :
    • Point to Point. Maksudnya adalah mengirimkanemail langsung ke sebuah alamat tertentu.
    • Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagianyang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian“CC”.
    • Carbon Copy / CC. Pengertian carbon, di sini analog dengan bila kita mengetik surat ( dengan mesin tik konvensional ) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuahemail, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya kealamat lain.
    • Blind Carbon Copy / BCC.  Ini adalah variasidari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian “TO”oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana sajaemail tersebut dikirimkan sebagai tembusan.  Ini karena ia bisa langsung melihatpada bagian “CC”. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah emailkepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express versi 5.01 bagian BCC baru bisa tampak bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.
    • Distribution List. Distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan email secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya ), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima emailnya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah email ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua alamat email yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.  Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat email mereka ke database pelanggan secara manual.Discussion List.
    • Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah email. Akan tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.  Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah  milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription ( mendaftar ) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang  administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.  Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah  milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription ( mendaftar ) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.
    C. ETIKA PENULISAN EMAIL

    Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi  melalui e-mail.
    1. Jangan terlalu banyak mengutip. Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas ‘Reply’ dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian  yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, yang  membuat loading menjadi lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa  tidak hanya pada pihak penerima, juga pada pihak si pengirim.
    2. Perlakukan e-mail secara pribadi. Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Kamu secara pribadi,  Kamu tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau  mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
    3. Jangan gunakan huruf kapital. Seperti halnya membaca surat kabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan e-mail/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Kamu.
    4. Jangan Membicarakan Orang Lain.  Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang Kamu tulis. E- mail memiliki fasilitas bernama ‘Forward’, yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya  (forward) ke orang lain.
    5. Jangan gunakan CC. Jika Kamu ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list),  jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Kamu melakukan hal itu, semua  orang yang menerima e-mail Kamu akan bisa melihat alamat-alamat e-mail  orang  lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
    6. Jangan gunakan format HTML. Jika Kamu mengirim sebuah pesan penting ke rekan Kamu, jangan gunakan format HTML tanpa Kamu yakin bahwa program e-mail rekan Kamu bisa memahami kode  HTML. Jika tidak, pesan Kamu sama sekali tidak terbaca atau kosong.  Sebaiknya, gunakan plain text.
    7. Jawablah Secara Masuk Akal. Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Kamu menjawab dalam satu kata: “Good.” Wah, ini sangat  menyebalkan.”

    11.Cara Membuat Email serta Menggunakan Email Praktis dan Aman

    Dalam tips membuat email ini, saya akan membahas cara membuat email di Gmail, karena alasan-alasan sebagai berikut :
    • Sederhana, ringan, mudah
    • Friendly, lebih mudah diterima bila digunakan sebagai email konfirmasi pendaftaran situs lain, seperti ke Facebook, Twitter, dsb
    • Mendaftar di Gmail berarti secara otomatis anda juga akan memiliki akses ke layanan Gmail lain tanpa perlu mendaftar lagi, layanan Google - Gmail lainnya al : Blogger, Bookmark, Webmaster, Analytics, Translator, dan banyak lagi 
    • Google - Gmail bersifat Open Id, artinya anda bisa memakai nama login (username) dan sandi (password) di situs-situs yg menerima login Open Id tanpa perlu mendaftar lagi
    •  
    11Cara Membuat Email di Gmail



    1. Buka situs Gmail dg mengetikkan www.gmail.com di kolom alamat browser anda, atau klik di sini
    2. Klik Create an Account atau Buat Akun dalam bahasa Indonesia
      - Change Language | Ganti Bahasa (bila anda inginkan)
    3. isi First name | dg Nama Depan anda
    4. isi Last Name | dg Nama belakang anda
    5. isi Desired Login Name | dg Nama Login yg diinginkan (misal: mr_bean09)
    6. klik Check availability | utk Cek ketersediaan, sebaiknya anda cek dulu utk mengetahui nama login tersebut ada yg memiliki atau tidak
    7. Choose a Pasword | Buat Sandi, isi dg kata rahasia yang hanya diketahui oleh anda. Huruf besar atau kecil yg dimasukkan dianggap beda, jadi pastikan anda mengingatnya.
    8. Re-enter Password | masukkan kembali kata sandi sama persis dengan yg pertama.
      - Stay Sign in | Tetap masuk , beri tanda bila anda ingin tetap masuk (tanpa login) setiap membuka Email di komputer anda, sebaiknya hilangkan tanda bila anda memakai komputer umum
      - Web History | Sejarah Web, bila anda mengaktifkan [tanda] maka google akan mencatat semua yang anda lakukan di semua situs milik Google
    9. Security Question | Pertanyaan rahasia, misal : what was your first phone number]
    10. Answer | Jawaban dari pertanyaan rahasia, misal: 123456
    11. Secondary Email | Email sekunder, isi bila anda punya, atau kosongi bila tidak punya
    12. Location | Lokasi : Indonesia
    13. Word verification | Verifikasi kata, ketik kata yg tertera pada gambar
    14. Term of service | Persyaratan Layanan, sebaiknya dibaca dulu.
    15. klik I Accept, Create my account | Saya menerima, buat Akunku
    16. Bila berhasil, akan terbuka halaman konfirmasi atau pemberitahuan bahwa anda telah berhasil membuat Email
    Sebaiknya anda mencatat Username (nama login) beserta Password (sandi) anda pada buku catatan sampai benar-benar ingat, atau anda yakin tidak akan lupa Login Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda 
    1. Username | Nama Login
    2. Password | Sandi
    3. Stay signed in | Tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)