a

Friday 18 March 2011

cara stop xxamp yang busy


xampp
Postingan ini saya tulis karena beberapa waktu lalu ketika ingin install wordpress di localhost tiba-tiba menemui kendala. Sebelumnya, saya menggunakan tool XAMPP untuk melakukan instalasi di localhost ini. Semua setting xampp control panel sudah diatur sedemikian rupa seperti biasanya, namun ketika membuka localhost di browser, kok membutuhkan authentication, padahal biasanya juga langsung bisa tanpa harus login terlebih dulu. Berkali-kali memasukkan username dan password pun gagal terus .
Penasaran lalu saya coba buka lagi xampp control panel, ternyata memang terjadi sedikit perbedaan dari biasanya, seperti gambar dibawah ini.
xampp-modules
Pada bagian Apache kok tidak muncul kondisi Running. Kemudian pada keterangan status dibawahnya juga ada notifikasi bahwa Apache Service Busy , awalnya rada bingung juga kok bisa gitu, coba restart kompie, install ulang xampp ternyata ga memberi pengaruh apa-apa .
Akhirnya tanpa pikir panjang, saya pun mencoba bantuan si jenius Google, dan akhirnya nemu sedikit pencerahan. Setelah saya coba ternyata memang sukses, cuma sedikit masalah di IIS (Internet Information Service) pada Administrative Tools Windows. Jika ada yang mengalami hal yang sama seperti diatas, bisa dicoba cara berikut ini.
Control Panel – Administrative Tools – Internet Information Service – Web Sites – Default Web Site
Pada bagian Default Web Site tersebut terlihat bahwa bagian State masih dalam kondisi Running, nha ini yang mengganggu apache service xampp karena menggunakan port yang sama port 80. Untuk itu harus dimatikan dulu dengan cara klik menu Action – Stop atau bisa juga langsung tekan tombol Stop pada toolbar. Coba buka xampp control panel lagi dan jalankan apache service nya sudah Running kembali .

No comments:

Post a Comment