a

Thursday, 25 August 2011

Hamster Saya Menggigit! Apa yang harus saya lakukan?

Hamster yang belum ditangani dengan sangat baik, serius dan berkelanjutan (dan ini termasuk dengan banyak hamster yang dijual di toko hewan) biasanya tidak terlalu jinak dan sering menggigit jika Anda mencoba untuk memegang mereka. Ketika berhadapan dengan hamster ini, hal yang sangat penting untuk diingat bagi Anda adalah bahwa mereka menggigit karena takut. Karena mereka melihat orang-orang sebagai ancaman, dan mereka tidak sengaja bersikap agresif karana hanya untuk membela diri.

Kunci untuk menangai hamster yang menggigit adalah kesabaran. Anda harus mendapat kepercayaan dari hamster Anda, bahwa Anda tidak berbahaya bagi mereka, dan itu perlu proses yang bertahap.

Karena itu, jangan berkecil hati bila belum dapat menjinakkannya kurang dari satu bulan bahkan lebih lama lagi untuk mendapat kepercayaan mereka.

Berikut adalah langkah-langkah yang sebaiknya dijalankan, tapi dapat fleksibel sesuai dengan karakter hamster Anda. Jika hamster Anda merebahkan diri dan merespon lebih cepat, Anda dapat mempersingkat waktu dari langkah-langkah berikut, tetapi jika dia masih takut atau agresif, maka anda harus kembali ke langkah sebelumnya dan mengambil waktu sedikit lebih lama sebelum menuju ke langkah berikutnya. Kesabaran adalah kuncinya.

Minggu 1 : Biarkah hamster Anda mengenal Anda terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan menghabiskan waktu untuk duduk di dekat kandangnya dan berbicara dengan hamster Anda pada malam hari ketika mereka sedang aktif. Anda bahkan dapat membaca atau bernyanyi kepadanya. Idenya adalah untuk membiarkan hamster anda menyesuaikan diri dengan kehadiran anda, terutama dengan aroma dan suara Anda. Ingat, pindah ke kandang baru di lingkungan baru dapat membuatnya sangat stres, dan periode ini juga memberikan hamster Anda kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di rumah Anda. Pada langkah ini, jangan mencoba menyentuh hamster Anda.

Minggu 2 : Biarkan hamster Anda menjelajahi tangan Anda.

Sekarang ketika Anda duduk di dekat kandang dan berbicara dengan hamster Anda, pada hari pertama, letakkan tangan Anda di balik pintu atau bagian atas kandang, dan kemudian setiap hari setelah itu Anda dapat meletakkan tangan Anda sedikit lebih jauh. Jangan mencoba menyentuh hamster Anda, namun jika hamster Anda menjadi penasaran, dan mencoba mengendus atau menjelajahi tangan Anda. Maka biarkanlah. Jangan membuat gerakan yang bisa membuatkan terkejut. Biarkan dia merasa nyaman dan merasakan bahwa tangan Anda tidak berbahaya baginya.

Minggu 3 : Tambahkan Beberapa Makanan di Telapak Tangan Anda

Sekarang, Anda mungkin telah memikirkan beberapa makanan favorit yang sangat disenangi hamster Anda. Kebanyakan hamster menyukai biji bunga matahari, tapi ingat jangan berikan terlalu banyak karena sangat tidak baik untuk kesehatannya. Kita bisa mencobanya dengan tidak memberikan makanan mereka pada wadah yang seharusnya. Tapi letakkan makanan-makanan tersebut dalam telapak tangan Anda. Mereka akan mencoba mendekatinya secara perlahan dan juga sedikit berlari secara mendadak ketika mendekatinya. Tapi setelah mereka yakin, telapak tangan anda tidak berbahaya bagi mereka, maka secara perlahan mereka akan mencoba menaiki telapak tangan anda dan memakan makanan yang ada di tangan Anda. Makanan lainnya yang bisa Anda gunakan adalah potongan-potongan kecil kismis atau apel atau makanan favorit lainnya. Ingat, jangan memberi terlalu banyak makanan pada waktu ini. Sedikit demi sedikit sehingga mereka semakin yakin dan memberi kepercayaan secara penuh bahwa Anda tidak berbahaya.

Minggu 4 : Mengambil Hamster Anda

Setelah Anda mendapatkan keparcayaan mereka dan hamster Anda telah merasa nyaman, Anda dapat mulai mencoba untuk membelainya secara lembut. Jika hamster Anda menerima perlakuan dan memungkinkan anda untuk menyentuhnya, cobalah mengambil hamster Anda.
Caranya adalah dengan meraihnya dari kedua sisi hamster secara perlahan kemudian membawa kedua tangan Anda di bawah perutnya. Ingat jangan pernah mencoba memegangnya dari atas, karena itu akan membuatnya takut dan menyangka anda ingin mencengkeram punggungnya. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan pedagang mencengkeram punggung hamster daganganya untuk menjamin hamter tidak bisa menggigit tangan mereka. Untuk yang pertama kali, jangan langsung angkat, kecuali bisa Anda pastikan mereka tidak akan loncat karena telah akrab dengan anda. Dan seandainya hamster anda telah dapat diangkat, segera rendahkan tangan anda ke lantai untuk memastikan jika mereka lompat, jaraknya tidak terlalu jauh dan membahayakan hamster Anda.

Tips dan Petunjuk

* Jika Anda perlu untuk mengambil hamster Anda (misalnya untuk membersihkan kandang) sebelum dia jinak, cobalah menggunakan kaca dan menggiringnya ke sudut kandang, kemudian sendok kepadanya dengan lembut dan ujung kaca tegak.

* Jika hamster Anda melompat keluar dari tangan Anda dan akan pergi, dan tidak akan membiarkan Anda menangkapnya, Anda dapat menggunakan gelas minum atau handuk tebal untuk meraup hamster Anda kembali ke atas dan mengembalikan mereka kembali ke kandangnya1.

* Cuci tangan anda sebelum mencoba untuk menangani hamster Anda. Jika tangan Anda bau seperti makanan, hamster Anda (yang memiliki penglihatan yang buruk) mungkin akan menganggap jari Anda adalah makanan untuk dimakannya.

* Kadang-kadang orang akan menggunakan sarung tangan tebal untuk menangani hamster menggigit. Ini bisa menjadi solusi sementara yang baik untuk mengambil seekor hamster yang menggigit. Namun, masih stres untuk hamster dan hamster tidak mendapat kesempatan untuk mengenal bau, sehingga tidak benar-benar membantu proses penjinakan.

* Sebanyak gigitan terluka, cobalah untuk tidak menampar dengan maksud mengusir hamster Anda. Cobalah dengan lembut meletakkan kembali hamster, atau menggunakan tangan yang lain untuk melepaskan hamster dari tangan Anda. Jangan marahi atau berteriak apalagi memukul hamster Anda. Tetaplah tenang dan ingat hamster Anda menggigit karena dia sangat ketakutan.