a

Thursday 28 April 2011

Cara Hapus List Page Menu Wordpress - Exclude Pages in WordPress list pages

Hapus Page Menu Tertentu Wrdpress - Exclude Pages in WordPress list pages.

saya bingung nih mau kasih judul apaan tutorial blogger kali ini, pokoknya intinya adalah seperti ini, misal template wordpress kamu ada menunya dan menunya itu tidak bisa di manage/kontrol dari panelblog/dasboard blog, dan masalahnya mungkin kamu punya banyak halaman nah otomatis kalah halaman banyak menu pada temlate kamu bakalana over dan pastinya tampilan akan jadi berantakan, nah tutrial kali ini adalah menyembunyikan, meng eksekusi, exclude, mengecualikan, kecuali, halaman tersebut, kamu bisa menyembunyikan beberapa halaman dan menampikan beberapa halaman saja, pada navigasi menu template wordpress kamu, masih bingung yah semoga saja tidak.
menyembunyikan salah satu/beberapa page/halaman blog dari list page list menu template wordpress, menyembunyikan, menghapus pokoknya seperti yang saya jelaskan diatas.

Langkah1

buka file header.php pada template wordpress kamu, karena biasanya kode php pemanggilan page wordpress terletak disitu, biasanya kodenya seperti ini.
<?php wp_list_pages('title_li=&depth=0&exclude=' . get_inc_pages("pag_exclude_") .'&sort_column=menu_order'); ?>

kalau kodenya gak sama persisi seperti diatas yang penting kamu cari kode php yang ada tulisannya "wp_list_pages" nah itu kamu hapus ganti dengan kode dibawah ini.
<?php wp_list_pages('sort_column=menu_order&depth=1&title_li=&exclude=1,2,3'); ?>
Langkah2
nah untuk menghilangkan salah satu halaman yang kamu kehendaki kamu harus tau dulu nomer ID halamannya dulu, caranya mauk ke dasboard wordpress kamu lalu pilih Page setelah itu cari judul halaman yang ingin kamu exclude tadi, dan arahkan mouse kamu pada judulnya, nah nanti akan kelihatan linknya dan perhatikan pada link tersebut ada nomer IDnya, itu cara sederhana mengetahui ID halaman wordpress, cara lain kamu bisa lakukan pake cara kamu diri he..he..

Langkah3
kalau udah tau ID halaman yang akan di exclude maka tinggal masukkin noner IDnya di dalam kode php diatas, kode diatas itu kan ada angka 1,2,3 nah kamu hapus dan ganti dengan ID yang kamu inginkan/diexclude, bila mengexclude banyak halaman tinggal pisahkan ajah nomer IDnya dengan koma.

Tambahan
dibawah ini adalah kode PHP untuk include/memasukkan, jadi kode ini sebalinnya dengan kode diatas, kalau diatas kamu menghilangkan, sedangkan kode ini untuk menampilkan, jadi caranya bila kamu pake kode dibawah ini kamu harus masukkin ID page wordpress kamu yang ingin di tampilkan.
<?php wp_list_pages('sort_column=menu_order&depth=1&title_li=&exclude=1,2,3'); ?>

No comments:

Post a Comment