a

Thursday, 28 April 2011

tips Membongkar Rahasia Adsense (newbie recommended)

Setelah menjadi anggota Adsense dan memasang iklan di halaman blog Anda, bukan berarti pekerjaan Anda sudah selesai dan hanya menunggu penghasilan dari Adsense, masih banyak yang harus Anda lakukan. Berikut ini ada sedikit tips sukses Adsense yang sebagian besar saya kutip dari Buku Rahasia Adsense karangan Jubilee Enterprise (salah satu buku yang HARUS anda miliki agar sukses membongkar rahasia Adsense dan mengoptimalkan penghasilan Anda).

Ikuti Perkembangan TOS (Term of Service)

TOS program Adsense biasanya sering berubah atau diupdate, hal-hal yang sebelumnya legal bisa saja berubah menjadi illegal atau tidak boleh dilakukan lagi. Untuk itu ikuti perkembangan TOS atau ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan pengelola Adsense seperti Google Adsense, Adbrite dan sejenisnya. Kalau yang tadinya legal dan sekarang sudah berubah menjadi illegal tetap Anda pertahankan, kemungkinan besar account Anda akan ditutup oleh pengelola Adsense.

Pilih Bentuk Iklan Yang Tepat

Pilihlah bentuk iklan yang sesuai dengan blog Anda.

Memilih Warna Tampilan Iklan

Gunakan warna latar belakang iklan sesuai dengan warna halaman web atau blog Anda, begitu juga dengan ukuran dan jenis hurufnya.

Memilih Posisi Iklan di Halaman Blog

Letakkanlah iklan pada posisi yang memungkinkan diklik orang, menarik perhatian orang. Biasanya di bar kanan atau kiri, atau pada awal artikel jauh lebih baik.

Gunakan Adlinks Unit

Jangan remehkan adlink units ini. Kebanyakan orang berfikir iklan Ad Unit jauh lebih penting sehingga mengabaikan Adlink unit. Letakkanlah Adlink unit ini pada posisi yang tepat misalnya pada deretan tab menu, sehingga member kesan seolah-olah menu halaman blog.

Periksa dan Analisas Statistik Adsense

Lakukan evaluasi terus menerus dengan memeriksa dan menganalisa statistic pengunjung yang meng-klik iklan. Jangan hanya menunggu.

Jangan Abaikan Channel Adsense

Buatlah channel setiap iklan yang anda pasang di blog Anda. Hal ini berguna untuk menganalisa statistic adsense anda.

Catat Perkembangan Adsense

Ikuti terus perkembangan maupun kemunduran Adsense Anda, catat dan evaluasi. Segera temukan dimana kekurangannya.

Jangan Mengundang Pengunjung Untuk Mengklik Iklan

Jangan pernah mengundang orang untuk melakukan klik iklan anda, apapun alasannya. Hal ini bisa menyebabkan account anda ditutup oleh Google. Jangan coba-coba hal ini karena pasti akan ketahuan.

Jangan Menciptakan blog Sekejap

Jangan beranggapan hanya dengan modal blog saja anda pasti akan berpenghasilan besar melalui Adsense. Masih banyak teknik dan usaha lain yang harus dilakukan. Blog perlu dipelihara agar dapat menghasilkan.

Jangan membuat situs penuh Iklan

Tidak baik membuat blog yang penuh dengan iklan. Jangan berganggapan blog yang penuh iklan ini akan lebih memungkinkan menghasilkan jumlah klik yang besar, justru sebaliknya akan membuat pengunjung jenuh dan segera pergi dari blog anda.

Jangan Menunggu Adsense

Kebanyakan pemilik blog menunggu hasil Adsense, mereka pikir buat blog terus pasang iklan Adsense selanjutnya tinggal tunggu hasil. Ibarat sebuah toko, blog Anda perlu dirawat, dipromosikan (seperti dengan teknik SEO) dan lain-lain.

Jangan Hanya mengandalkan Adsense saja

Perlu difahami, penghasilan melalui internet bukan hanya melalui Adsense saja. Lakukan pengembangan misalnya dengan memanfatkan program affiliasi dan lain-lain.

Buat Artikel sesuai dengan kata kunci yang dibidik

Buatlah artikel blog sebaik mungkin dan disesuaikan dengan kata kunci ynag dibidik. Lakukan riset untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sesuai dengan blog Anda.

Optimalkan Kata Kunci

Usahakan setiap artikel mengandung kata kunci utama yang dibidik. Optimalkan kata kunci ini dengan teknik SEO agar blog Anda mendapat peringkat di mesin pencari.

Jangan Pernah Gembar-gemborkan Blog Anda yang berpenghasilan besar

Tindakan ini dianggap sombong dan akan mengundang orang untuk menjatuhkannya. Mereka bisa saja melakukan klik curang dengan harapan account pemilik blog akan ditutup oleh penyedia Adsense.