a

Sunday, 31 July 2011

Windows is Unable to Connect to the Selected Network

Pernahkah Anda mengalami hal seperti ini waktu Anda ingin konek ke wi fi. Tanpa meminta password,pesan windows is unable to connect to the selected network... langsung keluar. Padahal Anda sudah dikasih password sama kawan Anda. Kesal kan? Apa yang salah? Padahal kawan Anda bisa, kenapa Anda tidak?


Saya pernah mengalami hal seperti ini. Setelah bosan dengan keadaan ini, saya berusaha untuk mencari penjelasan dari belantara internet dan bertanya pada Om Google karena kawan saya juga ternyata tidak tahu kenapa bisa begitu. :)

Setelah lelah mencari, saya akhirnya menemukan apa penyebab hal ini dan cara memperbaikinya. Ternyata, penyebabnya adalah access point (router) untuk wifi-nya disetting menggunakan kunci keamanan WPA2-PSK yang disupport hanya pada sistem operasi windows XP sp3, sedangkan pada windows XP sp2 belum didukung. Hal baiknya adalah, ternyata untuk membuat windows XP sp2 bisa mendukung WPA2-PSK ini hanya diperlukan keberanian untuk mendownload satu file yang besarnya 1,2 MB dari situs Microsoft. :)(ntar ketahuan windows palsu)

Kalau Anda tidak berani, downloadnya dari sini saja : klik di sini, lalu install kan ke komputer Anda.
Setelah itu, tinggal Anda setting dari pengaturan wi fi di windows Anda. Caranya klik 2 kali logo wifi, biasanya terletak di taskbar sebelah kanan bawah desktop. Pilih Change Advance Settings. Akan muncul tampilan kotak dialog berikut


Pilih tab Wireless Network, kemudian klik tombol Add. Akan muncul tampilan berikut


Isi Network Name (SSID) dengan nama Access Point-nya. Pada bagian network Authentication pilih WPA2-PSK dan pada bagian data encryption-nya coba pakai TKIP. Nanti kalau misalnya gagal konek, ganti dengan AES. Atau kalau tidak, langsung lihat properti-nya di komputer kawan Anda yang bisa konek ke wifi. Kemudian hilangkan tanda centang pada bagian The key is provided for me automatically.Isikan password wifinya. Jangan malu bertanya pada kawan Anda kalau tak tahu :) Terakhir klik OK.

Sekarang Anda bisa mencoba untuk menghubungkan komputer Anda dengan wifi yang tadinya tidak bisa konek.
Selamat mencoba.

No comments:

Post a comment