a

Sunday 31 July 2011

Mengatasi Mozilla Firefox yang Sering Error

Jengkel sekali rasanya bila browser Mozilla yang kita pakai, seringkali error. Bila kita membuka suatu link, terkadang tanpa kita tahu apa yang salah tiba-tiba mozillanya mengalami crash(error) dan harus di restart lagi. Alamat yang ingin kita lihat tadi pun tidak dapat dibuka karena kalau dicoba untuk dibuka selalu muncul pesan error seperti gambar berikut.


Yang manapun kita klik, send error report maupun don't send, hasilnya sama. Link yang tadi tidak bisa dibuka, mozillanya tertutup sendiri, dan harus kita buka lagi.

Banyak orang mungkin tidak tahu apa penyebab dari hal itu, termasuk saya sebelumnya. Namun setelah ber-eksperimen akhirnya saya temukan penyelesaiannya, walaupun mungkin secara teknisnya saya masih kurang tahu. Tapi yang pasti sekarang mozilla saya tidak mengalami error seperti itu lagi.
Ternyata yang menjadi penyebabnya adalah Anti virus yang saya pakai, yaitu AVG. Fiturnya yaitu AVG Safe Search yang terintegrasi atau menjadi add-on di mozilla selain memiliki sisi positif, ternyata juga memiliki sisi negatif. Positifnya, mungkin kegiatan browsing saya menjadi lebih aman terhadap virus. Tapi sisi negatifnya, sepertinya lebih menjengkelkan.Ya seperti yang tadi itu, firefoxnya error.

Kemudian, add-on tersebut saya non-aktifkan. Caranya :
1. Pada Menu Bar, klik tools
2. Pilih Add-ons dan disable-kan fitur AVG Safe Search


Setelah saya non-aktifkan fitur tersebut, ternyata link yang saya buka tadi yang menyebabkan error mozilla sekarang sudah bisa dibuka, dan mozilla tidak error lagi.

Selamat bereksperimen.... :)

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete