a

Thursday 22 November 2012

Cara Install dan Menjalankan Androin SDK di Ubuntu

Assalamualaikum sobat SmilePedia, pada postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya menginstall Android SDK dengan Eclipse pada Ubuntu 12,04 LTS kepada Anda. Postingan sebelumnya saya pernah membahas tutorial tentang "Cara Install dan Menjalankan Androin SDK 4.1 Jelly Bean di Ubuntu". Baiklah sobat langsung saja disimak dan dipraktekin langsung dah bagi yang ingin menginstall.




Persyaratan sistem:
Anda harus menginstal Java Development Kit (JDK). Cukup jalankan perintah berikut untuk menginstallnya:

sudo apt-get install openjdk-6-jdk

1. Android SDK untuk Linux
Yang pertama, Anda install terlebih dahulu Android SDK di sistem Anda. Caranya Anda bisa kunjungi halaman ini "Cara Install Android SDK Manager" atau dengan terminal menggunakan perintah berikut ini:

sudo cp -r android-sdk_r20.0.1-linux.tgz /opt
cd /opt
sudo tar xvzf android-sdk_r20.0.1-linux.tgz
sudo chmod -R 755 /opt/android-sdk-linux

Kemudian jalankan SDK manager untuk mendownload library dan APIs yang dibutuhkan.

cd /opt/android-sdk-linux/tools
sudo ./android sdk


Nah, jika Anda ingin mengembangkan aplikasi Android untuk Android 2.3.3 maka Anda harus mendownload Android 2.3.3 (API 10). Untuk informasi lebih lanjut tentang platform Android dan paket silahkan klik di sini.

2. Eclipse
Untuk mengembangkan aplikasi Android, dianjurkan untuk menggunakan Eclipse 3.6. Anda dapat mendownloadnya di sini. Anda dapat menempatkan Eclipse ke Folder System agar pengguna lain dapat menggunakannya:

sudo cp -r eclipse-java-helios-SR2-linux-gtk.tar.gz /usr/local
cd /usr/local
sudo chmod a+x eclipse-java-helios-SR2-linux-gtk.tar.gz
sudo tar xvzf eclipse-java-helios-SR2-linux-gtk.tar.gz

Buat Eclipse shortcut pada Desktop.

cd ~/Desktop
ln -s /usr/local/eclipse/eclipse

3. Instalasi ADT Plugin untuk Eclipse
Untuk berkomunikasi dengan Android SDK Tools, perlu sebuah plugin Eclipse yang disebut ADT Plugin. Silahkan buka Eclipse IDE Anda, navigasikan ke "Help --> Install New Software ...", klik "Add" di sudut kanan atas. Dalam dialog Add Repository yang muncul, masukkan "ADT plugin" untuk Nama dan jalankan perintah berikut:

http://dl-ssl.google.com/android/eclipse/

Kemudian klik OK. Dalam kotak dialog Available Software, periksa "Developer Tools" checkbox, klik Next dan ikuti instruksi pada layar.


4. Konfigurasi ADT Plugin
Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan Android SDK Tool untuk bekerja dengan Eclipse. Pada menu Eclipse, pilih "Window --> Preferences ...", pilih "Android" dari panel kiri, pada "SDK Location" klik "Browse" dan cari Android SDK Tool Anda (dalam contoh ini: /opt/android-sdk-linux).


Sekarang Anda siap untuk mengembangkan aplikasi Android di Linux.

Good Luck..!!
.:Salam Smile:.
^^

No comments:

Post a Comment