a

Thursday, 8 November 2012

Cara Membuat Dual Booting Windows 7 dan XP Menggunakan Easy BCD

Cara ini saya share dari pengalaman saya sendiri yang beberapa waktu lalu mencoba menginstal windows xp pada laptop yang sudah terinstal windows 7. Saya menginstal windows xp sebenarnya hanya iseng2 ingin tahu caranya instal windows xp karena kebetulan ada partisi hard disk yang kosong. Setelah proses instal selesai maka booting akan diganti oleh windows xp karena windows 7 telah diboot loader oleh windows xp. Karena saya juga masih ingin menggunakan windows 7, sayapun mencoba menginstal Easy BCD pada windows xp dengan maksud agar dapat membuat double boot pada laptop saya. Tetapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Easy BCD yang saya coba tidak berhasil di instal. Setelah saya mencari kesana kemari ternyata Easy BCD tidak compatible dengan windows xp. Sayapun melanjutkan mencari bagaimana agar bisa membuat dual botable. Satu2nya jalan untuk membuat double bootable yaitu saya harus mengembalikan bootloader ke windows 7. Caranya dengan menggunakan dvd instalasi windows 7.  

  1. Masukkan dvd instalasi windows 7 de dalam dvd room dan klik next
  2. Jangan klik Instal now tetapi klik Repair your computer
  3. Setelah proses pencarian sistem operasi klik next
  4. Akan muncul beberapa pilihan menu, pilihlah menu yang paling atas yaitu Status Repair
  5. Tunggu hingga proses selesai dan restart komputer anda dan lihat hasilnya laptop anda akan kembali booting dengan windows 7.


         Setelah proses diatas selesai lanjutkan dengan menginstal Easy BCD. Kemudian setelah instal buka programnya dan pilih Add New Entry lalu pilih menu Windows dan pilih Windows NT/XP/2K3 terakhir klik Add Entry contohnya ada pada gambar di bawah ini. Restart laptop/ komputer anda dan lihat hasilnya anda akan diberi pilihan untuk masuk ke Windows 7 atau Windows XP.




Download Easy BCD 2.0.2 di sini dan versi terbarunya di sini.


Semoga Bermanfaat!