a

Wednesday 14 November 2012

Tips Optimasi Ubuntu Desktop 12.10

Ubuntu merupakan distro terpopuler saat ini. Berbagai fitur yang sangat memudahkan user sudah tersedia sejak pertama kali install. Namun, walaupun ubuntu sudah memudahkan user dengan berbagai macam fiturnya, tetep saja ubuntu masih kalah jauh dari OS X atau Windows dari sisi kemudahannya.

Berikut ini adalah tips untuk mengoptimasi Ubuntu anda sehingga makin nyaman dipakai ,  ingat pastikan ada koneksi internet sebelum mengikuti tips berikut . Sebagian besar perintah install ini harus anda ketik di Terminal.

sebelum mengikuti tips dibawah ini, usahakan repo anda terupdate, gunakan perintah

sudo apt-get update 

Install Paket ubuntu Restricted extras
paket ini berisi Codec audio dan video, plugin java,flash serta font windows seperti times new romans dan arial.  seharusnya setelah anda install ini semua file audio dan video di windows sudah bisa anda putar di ubuntu.
buka terminal lalu ketik

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Install  gnome-tweak-tool
 gnome tweak tool  memberikan kemudahan bagi anda untuk mengubah seting dekstop ubuntu seperti mengganti thema, font dan mengubah tampilan window aplikasi .
sudo apt-get install gnome-tweak-tool 

ubuntu tweak tool 


Ganti deskop Unity dengan Gnome atau LXDE
Tampilan unity memang terlihat modern, namun tidak setiap orang nyaman dengan Unity. Jika anda juga tidak nyaman dengan tampilan Unity install saja desktop Gnome atau LXDE . LXDE cocok bagi yang terbiasa dengan windows xp. 
install desktop Gnome
sudo apt-get install gnome-panel
install dektop LXDE, 
sudo apt-get install lxde
tampilan LXDE dektop


Setting akun online 
Buat akun Ubuntu one untuk menyimpan file di cloud dan setting online account. Ubuntu sekarang sudah menyatu dengan layanan web seperti Google, Twitter dan facebook serta berbagai layanan pesan instant. Buka menu setting di bagian Online account. 
setting online akun
Install Google chrome 
jujur, saya tidak suka dengan Firefox, jika browser favorit anda juga chrome, silahkan download chrome https://www.google.com/intl/en/chrome/browser/. Setelah selesai double klik untuk menginstallnya. 
langkah terakhir, buang semua paket yang tidak perlu dengan perintah 
sudo apt-get autoremove 
Nah, semoga setelah mengikuti tips diatas, anda makin betah dengan ubuntu. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment