a

Wednesday, 28 November 2012

Cara Install dan Unistall Netbeans Pada Ubuntu 12.10

Cara install Netbeans di jendela sangat mudah, pokoknya udah install JDK sebelumnya, terus klik dua kali Installer Netbeans dua kali, Next...next...next...beres.
Cara install dan unistall Netbeans pada ubuntu gimana ya??

Begitu pula dengan unistall-nya, tinggal klik dua kali icon unistall netbeans, beres. Emank surga dunianya jendela menghasut semua user, sampai-sampai (kebanyakan/tidak semuanya tapi banyak) user tidak menyadari bahwa OS yang mereka pakai adalah bajakan. Lalu, bagaimana cara install dan unistall Netbeans pada Ubuntu (Linux)? Saatnya beralih ke yang halal yuuk ^_^!!!
Instalasi Netbeans di Ubuntu
  1. Pastikan anda telah melakukan instalasi JDK.
  2. Unduh Netbeans. Di situ silakan pilih Netbeans berdasarkan Kebutuhan anda (Jangan lupa platform-nya diganti linux x86/x64).
  3. Hasil Unduhan biasanya berada di direktori Downloads (home/nama_user/Downloads). Ubah Netbeans*.sh di direktori Downloads menjadi executable dengan perintah pada terminal sebagai berikut: sudo chmod +x /home/nama_user/Downloads/Netbeans*.sh
  4. Install Aplikasi Netbeans pada direktori Desktop dengan perintah terminal sebagai berikut: sudo sh /home/nama_user/Downloads/Netbeans*.sh
  5. Tunggu beberapa puluh detik, kemudian akan muncul wizard instalasi Netbeans persis seperti anda meng-install Netbeans pada OS si Jendela, hehehehe.
  6. Silakan lakukan instalasi seperti biasa. Anda bisa melakukannya memakai metode always next, yaitu selalu jawab next bila muncul tahapan instalasi Netbeans :-P. Jika ingin lebih terspesifikasi, silakan customize sesuai kebutuhan anda.
  7. Secara otomatis, letak hasil instalasi baik aplikasi Netbeans itu sendiri maupun servernya (glassfish & tomcat) akan diletakkan pada direktori local (/usr/local).
  8. Instalasi selesai, sekarang anda bisa memakai aplikasi Netbeans sesuai dengan tujuan awal anda.

Unistall Netbeans di Ubuntu

Ada tiga cara, yaitu cara Tolol, cara Normal, dan cara Sia-sia.
  1. Cara Tolol: (buka terminal: sudo rm -Rf /usr/local/Netbeans*, setelah itu ketik lagi: sudo rm -Rf /usr/local/Glassfish*, setelah itu ketik lagi: sudo rm -Rf /usr/local/Tomcat*).
  2. Cara Normal: (Buka terminal: sudo sh /usr/local/Netbeans*/unistall.sh)
  3. Cara sia-sia: buka direktori lokal langsung dari GUI. Kemudian blok direktori Netbeans*, Tomcat*, dan Glassfish*. Silakan anda hapus dengan memencet shift+del, atau cara klik kanan del. Maka anda adalah makhluk paling sia-sia di dunia.

Ingat:
  1. sudo adalah perintah supaya anda masuk root
  2. manfaatkan fasilitas tombol tab pada keyboard saat menjalankan terminal
  3. Bagi yang sudah tahu cara ini, mohon masukan dan bimbingannya ya...^_^ (Ilmu perlu disampaikan)
  4. Bagi yang belum tahu, selamat mencoba...